Duh! Baru Daftar di KPU, Bupati Sergai Soekirman Positif Covid-19, Jalani Isolasi di Rumah Sakit di Medan

SEI RAMPAH, teritorial24.com–Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman positif terinfeksi virus Corona (COVID-19), setelah mendaftarkan diri sebagai cabup ke KPU Sergai.

“Dalam kondisi sehat, saya Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dinyatakan positif Corona Virus Disease (Covid-19), setelah menjalani Polymerase Chain Reaction (PCR) Test dan kemarin sore diketahui hasilnya positif terpapar virus asal Wuhan,” kata Bupati Sergai, Soekirman, yang disampaikan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, Drs H Akmal, AP, MSi, melalui rekaman video saat menjalani isolasi di salah satu Rumah Sakit di Medan, Selasa (15/9/2020).

Akmal menjelaskan, melalui video tersebut Bupati Sergai tidak menyadari telah terpapar oleh virus Corona. Hal ini karena Bupati dalam keadaan baik dan sehat, tidak merasa ada gejala sama sekali yang mengarah pada infeksi Covid-19.

“Lebih tepatnya disebut dengan Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Akmal menirukan ucapan Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan Akmal, terkait dengan suhu badan Bupati Sergai masih dikategorikan normal yaitu 36,4 derjat, tidak ada demam batuk maupun flu seperti gejala yang dialami orang yang terpapar Corona. Bahkan pada tanggal 25 Agustus lalu, Bupati juga sudah menjalani pengambilan sampel swab dan hasilnya negatif.

“Namun kemarin sore, Bupati kembali menjalani PCR test dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19,” jelas Akmal.

Atas kejadian ini, Bupati mengimbau kepada masyarakat Sergai agar menjalankan protokol kesehatan secara ketat yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan secara benar dengan sabun, menjaga jarak aman serta mengkonsumsi makanan sehat.
“Dalam kondisi seperti saat ini, dimana banyak wilayah sudah masuk zona merah, maka lebih baik kita waspada dan berhati-hati dengan seluruh orang di sekitar kita,” tuturnya.

Bupati menyebut untuk saat ini dirinya akan menjalani pemulihan sehingga membutuhkan istirahat total.

“Mohon doa agar saya segera sembuh dan mudah-mudahan dapat kembali bekerja seperti biasa,” pungkasnya.

Terkait langkah antisipasi yang akan dilakukan Gugus Tugas Sergai, Akmal menyebut Bupati Ir H Soekirman telah menjalani isolasi di Rumah Sakit untuk memastikan kesehatannya tetap terpantau lalu akan dilakukan tracing kontak melalui Dinkes Sergai terhadap orang yang menjalin kontak erat dengannya.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup juga akan dilakukan proses disinfeksi di Komplek Kantor Bupati dan tempat-tempat yang mungkin dikunjungi beliau dan selanjutnya dilakukan swab bagi pejabat Pemkab Sergai yaitu Kepala OPD dan PPT Pratama, Kabag, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dan Camat se-Kabupaten Sergai, semua Komisioner KPU dan Sekretariat KPU Sergai dan selanjutnya juga dibuka 2 hari pemeriksaan Rapid Test bagi ASN yang merasa kontak di hari sebelumnya dengan Bupati yaitu pada tanggal 15 dan 16 September di Poliklinik Bersaudara Dinkes Sergai.

Rencananya, anggota hingga staf KPU Sergai bakal ikut tes swab Rabu (16/09/2020).

“Tentunya saja KPU Sergai syok dengan kondisi Bapak Soekirman saat ini. Begitu mendapat informasi tanggal 14 September pukul 23.00 WIB, KPU Sergai langsung berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Pemkab Sergai melalui Kadis Kesehatan dan pihak Polres Sergai,” kata Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya, saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (15/9/2020).

Soekirman setidaknya tercatat tiga kali mendatangi KPU Sergai dalam 14 hari terakhir. Kedatangan Soekirman itu terkait proses pendaftarannya yang sempat ditolak gegara polemik dukungan PAN sebelum akhirnya diterima KPU Sergai.

Erdian mengatakan pihaknya juga telah mengumpulkan komisioner serta staf KPU Sergai yang dianggap punya riwayat kontak erat saat Soekirman mendaftar. Mereka kemudian menjalani rapid test.

“Baru pagi hanya 10 personel KPU yang mendapat rapid test yang digelar mendadak di parkir RS Adam Malik Medan oleh tim medis Pemkab Sergai. Saat ini kami terus menerus berkoordinasi dengan Gugus Tugas terkait memonitor perkembangan Covid apakah KPU Sergai terpapar atau tidak. Fakta itu baru didapat dari swab, dan terkait tindakan itu Gugus Tugas baru menginformasikan baru bisa direalisasikan pada 16 September besok. Sementara dari 10 ini hasilnya nonreaktif,” ujar Erdian.

Erdian mengatakan pemeriksaan kesehatan untuk Soekirman-Tengku Ryan bakal ditunda. Sementara pasangan Darma Wijaya-Adlin Tambunan tetap mengikuti tes kesehatan sesuai dengan jadwal.

“Sementara itu, untuk bapaslon Darma Wijaya-Adlin Tambunan tetap sesuai jadwal di RS Adam Malik hari ini (15 September),” ujar Erdian.(war/ter/Dtc)

Mungkin Anda juga menyukai