Gubernur Babel Studi Banding ke Desa Tangguh Binaan Polres Serdang Bedagai

Sergai (medanbicara.com)-Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, DR. Erzaldi  Rosman Djohan SE,MM dan rombongan  mendapatkan inspirasi, yang sangat berharga setelah melakukan studi banding ke  Kampung Tangguh  binaan Bhabinkamtibmas Polres Serdang Bedagai dan Babinsa Kodim 0204/DS, serta Pemkab Sedang Bedagai, di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, dan Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (21/9/2020).

Rombongan Gubernur Kep Babel turut hadir, di antaranya, Kapolda Kep Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Sekdaprov Kep Babel,  Kadis Pertanian Prov Kep Babel langsung disambut Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robinson Simatupang SH, MHum, Sekdakab HM. Faisal Hasrimy, Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma Puslitbang Kementerian Pertanian, Ismail Maspromo, Kadis Pertanian Serdang Bedagai, Radianto SP, dan Forpimcam.

“Kami sangat senang dan terinspirasi berada di Kabupaten Serdang Bedagai dan kedepan akan melakukan kerjasama. Apalagi sekarang ini bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekarang sudah menjadi destinasi wisata, ” kata Gubernur Kep Babel, usai mendengarkan paparan keunggulan Kelapa Genjah Pandan Wangi, di Kebun Induk Desa Tangguh binaan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin.

Dilanjutkan Erzaldi, bahwa sebagai lokasi destinasi pariwisata, harus ada aneka produk atau varietas yang dijual dan salah satunya adalah komoditi kelapa pandan wangi. Sebab, katanya, kelapa pandan wangi ini berbeda dari varietas lainnya.

Menurutnya, selain harganya tinggi dibandingkan jenis kelapa lainnya dan ini salah satu peluang. Tidak hanya peluang bagi petani kita, tetapi juga peluang bagi jual dikawasan pariwisata kita.

“Dengan semakin banyak komoditi komoditi yang disajikan kepada pengunjung tentunya akan menjadi nilai tambah kepada masyarakat yang menanam komoditi ini. Harapan nya kita mendorong untuk menanam kelapa ini dan nilai tambahnya lebih dari yang biasa,” tandas Erzaldi.

Selanjutnya, rombongan Gubernur Kep Babel mengunjungi Desa Tangguh,   Di Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, guna melihat  Desa Tangguh binaan Bhabinkamtibmas Polres Serdang Bedagai, Babinsa Kodim 0204/DS dan Kepala Desa Bingkat.

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robinson Simatupang SH,MHum dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa  Bingkat adalah salah satu  Desa binaan Bhabinkamtibmas Polres Serdang Bedagai dan Babinsa Kodim 0204/DS serta Kepala Desa dalam melakukan sinergi membentuk ketahanan pangan dan relawan pencegahan COVID19.

“Desa Bingkat adalah salah satu Desa Tangguh yang menjadi binaan Bhabinkamtibmas Polres Serdang Bedagai, Babinsa dan Kepala Desa dengan bergotong royong bersinergi dengan masyarakat menciptakan ketahanan pangan,” ujar Kapolres.

Selain itu, sambung Kapolres, relawan COVID19 yang dibentuk di desa melakukan pemantauan dan pemeriksaan kepada setiap orang yang akan masuk ke desa. Dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dan diwajibkan memakai masker.

“Syukurlah walaupun di Kabupaten Serdang Bedagai sekarang  sudah masuk zona merah, tetapi untuk Desa Bingkat masih zona hijau,” ujarnya.

Kemudian Kapolres didampingi Kepala Desa Bingkat, Rusdi ST, Kadis Pertanian Sergai, Radianto SP menyampaikan segala potensi dan geografis Desa Tangguh.

Di antara potensi tersebut adalah hasil pertanian, perkebunan juga perikanan, diantaranya melimpah nya hasil perikanan ikan patin, nila, lele dn lainnya.
Mendengar paparan Kapolres bahwa di Serdang Bedagai hasil produksi peternakan ikan patin melimpah, Gubernur Kep Babel berjanji akan membeli produksi peternakan ikan patin dari Kabupaten Serdang Bedagai.

Acara ditandai dengan memberikan hasil ketahanan pangan Desa Tangguh di Desa Bingkat, beras organik, sayuran dan kelapa genjah pandan wangi. (yung)

Mungkin Anda juga menyukai