Jumlah Warga Sembuh dan Terjangkit Covid-19 di Sergai Sama-sama Melonjak

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Drs H Akmal, AP, MSi

Sei Rampah (medanbicara.com)-Usaha percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih berlanjut di minggu awal bulan September.

Saat ditemui di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sergai, Senin (07/09/2020), Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs H Akmal, AP, MSi, menginformasikan, dalam rentang waktu 5 hari sejak tanggal 03 September lalu hingga hari ini, jumlah warga Sergai yang dinyatakan sembuh dari Corona bertambah cukup signifikan setelah mendapat penanganan medis intensif, namun di saat yang bersamaan positif Covid-19 juga mengalami peningkatan yang tidak sedikit.

Akmal menyebut, per hari ini warga Sergai yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 bertambah sebanyak 11 orang. Dari ke-11 orang tersebut, 10 di antaranya merupakan warga yang bekerja di salah satu perusahaan swasta yang beroperasi di Pantai Cermin.

“Dari 10 warga yang bekerja di perusahaan tersebut, 9 orang merupakan warga Perbaungan yaitu inisial HF (Lk, 29), SAE (Lk, 49), L (Lk, 37), YI (Lk, 29), SW (Pr, 36), SAH (Pr, 32), NDP (Pr, 31), S (Lk, 29) dan M (Lk, 37) dan 1 orang lagi inisial S (Lk, 35) merupakan warga Sei Rampah. Sedangkan warga sembuh yang tidak berasal dari perusahaan tersebut  adalah inisial LSD (Pr, 52) warga Perbaungan,” rincinya.

Akmal meneruskan, korban terinfeksi Corona juga masih mengalami penambahan. Dalam rentang waktu 3 hari mulai Kamis (03/09/2020) sampai Sabtu (05/09/2020), tercatat 8 (delapan) warga Sergai terjangkit virus SARS-Cov2 asal Wuhan ini.

Dalam penjelasannya, Akmal merunut pertambahan korban diawali pada hari Kamis ketika 1 orang warga Sergai dinyatakan positif lewat hasil PCR test yang dilakukan di RS Prima Husada Cipta Medan.

“Korban berinisial DS, seorang pria berusia 30 tahun asal Kecamatan Sei Bamban. Disusul kemudian esoknya, 2 orang dinyatakan positif lagi. Kali ini korban adalah inisial S (Pr, 30) yang berdomisili di Sei Rampah dan KS (Lk, 56) warga asal Perbaungan. S merupakan kasus konfirmasi yang dirawat di RSUP H. Adam Malik, sedangkan KS adalah kasus konfirmasi dari RSUD Deli Serdang,” terangnya.

Tidak berhenti di situ, sambung Akmal, pada hari Sabtu Gugus Tugas kembali mendapat informasi jika 5 orang warga Sergai juga dinyatakan positif  Covid-19.

“Kelima kasus terbaru ini merupakan warga yang berasal dari 4 kecamatan yang berbeda-beda, yaitu inisial MI (Lk, 51) asal Kecamatan Perbaungan yang merupakan pasien yang dirawat di RS Trianda. Selanjutnya J (Lk, 50) dan P (Pr, 51) dari Kecamatan Sipispis yang keduanya sama-sama kasus konfirmasi dari RS Prima Husada Cipta Medan. Kemudian AM (Lk, 36) tinggal di Sei Rampah yang jadi pasien konformasi pasca hasil lab RS Murni Teguh Medan dan terakhir inisial NM (Pr, 56) yang berdomisili di Dolok Masihul dan merupakan kasus konfirmasi dari RS. Royal Prima Medan,” katanya lagi.

Akmal menginformasikan, penambahan kasus ini membuat total keseluruhan warga Kabupaten Sergai yang masuk kategori kasus konfirmasi positif Covid-19 jadi 141 kasus dengan rincian 109 orang telah dinyatakan sembuh, 28 orang positif Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan, sedangkan 4 orang positif Covid-19 meninggal dunia.

“Lagi-lagi, kami mengingatkan dan mengimbau masyarakat agar patuh menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat beraktivitas, rajin cuci tangan yang benar dengan sabun, terapkan physical distancing atau jaga jarak serta jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur. Kita berharap dan akan terus berusaha agar korban yang menjalani isolasi dan penanganan medis segera pulih dan dapat pulang ke kediaman masing-masing,” tutupnya. (ung/nst)

Mungkin Anda juga menyukai