Kasus Covid-19 di Sergai jadi 39 Orang, 5 Tertular dan 1 Sembuh

Sergai (medanbicara.com)-Pandemi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih terus berlanjut. Saat ditemui di Posko Gugus Tugas, Jumat (24/07/2020), Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sergai, Drs H Akmal, AP, MSi melaporkan terjadi lonjakan signifikan dengan bertambahnya korban baru positif Covid-19 sebanyak 5 kasus.

Menurut informasi yang kami peroleh dari Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit, MKes, 4 korban baru berasal dari klaster yang sama, yaitu pekerja di salah satu perusahaan swasta di Sergai, sedangkan satu korban lainnya merupakan petugas pemilu di kecamatan.

Akmal merinci, masing-masing korban berdomisili di beberapa kecamatan di Kabupaten Sergai.

“Korban pertama inisial M, pria usia 30 tahun asal Kecamatan Pantai Cermin. Selanjutnya DA, wanita usia 35 tahun asal Kecamatan Pantai Cermin. Lalu AS, wanita berumur 24, domisili di Teluk Mengkudu. Lalu korban keempat inisial S, usia 38 tahun, warga Perbaungan. Keempat korban merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan swasta di Sergai. Sedangkan korban kelima beridentitas inisial HS, pria berusia 43 tahun yang tinggal di Kecamatan Serbajadi,” jelasnya.

Gugus Tugas lewat Dinas Kesehatan, sebutnya, segera melakukan tindakan preventif sesuai prosedur yang berlaku.

Dinas Kesehatan sedang dan akan melakukan aksi penanganan serta pencegahan yang dibutuhkan seperti tracing terhadap kontak erat para korban serta aksi disinfeksi lewat penyemprotan cairan disinfektan di titik-titik lokasi yang dianggap rawan. Para korban juga akan mendapat tindakan medis yang diperlukan di rumah sakit yang dirujuk.

Hingga saat ini, 18 Warga Sergai Positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Akan tetapi Akmal menyebut, terdapat 1 tambahan warga Sergai yang sudah dinyatakan pulih dari Covid-19.

“Korban sembuh ini inisial RAD (27) yang merupakan warga Dolok Merawan yang berprofesi sebagai tenaga medis dan sempat menjadi relawan Covid-19. Setelah mendapat perawatan intensif di RS G.L. Tobing Tanjung Morawa, alhamdullilah yang bersangkutan sudah dinyatakan sehat,” jelasnya.

Perkembangan ini, kata Akmal, mengubah jumlah kasus di peta sebaran Sergai jadi 39 kasus.

“Rinciannya 20 kasus positif Covid-19, yang akan dan sedang mendapat penanganan medis,18 kasus sudah ditangani dan dinyatakan sembuh, sedangkan 1 kasus positif Covid-19 telah meninggal dunia. Kami tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat jika pandemi ini merupakan ancaman nyata yang mesti dihadapi secara sungguh-sungguh. Mari kita bersama-sama menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin demi meminimalisir penyebaran lanjutan virus ini di Kabupaten Sergai,” katanya. (ung)

Mungkin Anda juga menyukai