Satlantas Polres Sergai Bentuk Komunitas Suka Polantas

Sergai (medanbicara.com)-Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Giat Pembentukan Komunitas Suka Polantas (Sukarelawan Polisi Lalu Lintas), di Lapangan Uji Praktek SIM Polres Serdang Bedagai, Sabtu (6/2) siang.

Komunitas Suka Polantas di antaranya para masyarakat penyeberang jalan (Pak Ogah) sebanyak 16 orang, penjaga perlintasan rel kereta api tanpa plang sebanyak 2 orang, tukang parkir di Jalinsum Sergai 2 orang, tokoh pemuda, tokoh masyarakat sebanyak 20 orang, dan perwakilan Komunitas Sepeda Motor dan Becak Bermotor (Betor) sebanyak 10 orang.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang didampingi Kasat Lantas, AKP Agung Basuni kepada wartawan menyampaikan bahwa Giat Pembentukan Komunitas Suka Polantas (Suka Relawan Polisi Lalu Lintas) dibentuk sebagai bagian dari kemitraan antara Satuan Lalu Lintas dengan warga masyarakat yang ikut berkontribusi membantu tugas Polantas di lapangan.

Di samping itu juga sebagai upaya dari satuan lalu lintas, guna menghidupkan komunitas masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan untuk kesadaran warga, serta sebagai upaya menutupi kekurangan personel yang belum sesuai DSP Sat Lantas.

Menurut Robin, tujuan dibentuknya Komunitas Sukarelawan Polisi Lalu lintas bertujuan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk membantu Petugas Polisi Lalu lintas dalam memberikan informasi, tentang kejadian kecelakaan dan kemacetan lalu lintas baik secara action ataupun dilaporkan ke call center Sat Lantas.

Kemudian dapat menerima Informasi dari petugas kepolisian tentang Situasi Kamseltibcar Lantas. Menangkis hal-hal negatif tentang kepolisian, dapat menggelorakan/mengkampanyekan tentang Tata Cara Tertib Berlalu Lintas kepada masyarakat yang lain.

Selain itu, kata Kapolres, memberikan Informasi Tentang Penerapan Protokol Kesehatan kepada masyarakat di sekitar Komunitas Suka Polantas.

Memberikan transfer pengetahuan tentang langkah-langkah pencegahan sampai imbauan dengan harapan bisa diterima masyarakat sekitar dilingkungan Anggota Komunitas Suka Polantas.

Lebih lanjut Satlantas juga memberikan brosur imbauan yang dimana terdapat nomor Call Center yang dapat dihubungi apabila terjadi kecelakaan dan kemacetan di Wilayah Hukum Polres Sergai. Dan dapat mengirimkan Search Location di nomor Call Center Laka Lantas dan TMC Polres Serdang Bedagai.

Dengan dibentuknya Komunitas ini, Kapolres Sergai berharap terciptanya kemitraan antara petugas polisi lalu lintas dengan warga binaan yang dibentuk dalam satu Komunitas Suka Polantas dengan harapan bisa memberikan solusi kekurangan personel yang ada di Satuan Lalu Lintas.

Meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Polri khususnya Sat Lantas Polres Serdang Bedagai, sehingga memberikan efek positif dan simpatik terhadap pelaksanaan tugas anggota.

Lanjut Kapolres, agar terciptanya kesadaran masyarakat dalam bidang ketertiban berlalu lintas dengan meningkatnya minat masyarakat/warga untuk menjadi anggota Suka Polantas. Dan memberikan solusi terarah dalam bidang lalu lintas dalam jangka pendek, jangka menengah sampai jangka panjang.

Kegiatan Pembentukan Komunitas Suka Polantas berjalan dengan lancar dan baik. Para anggota komunitas serta para tokoh masyarakat mengucapkan terima kasih serta menyambut positif upaya dari kepolisian khususnya Polres Serdang Bedagai tentang Pembentukan Komunitas Suka Polantas (Sukarelawan Polisi Lalu Lintas). (ung)

Mungkin Anda juga menyukai