Sosialisasi Pendataan Keluarga di Desa Portibi Jae Padang Lawas Utara

PALUTA (medabicara.com) – BKKBN diberikan mandat oleh Presiden Republik Indonesia untuk memegang kendali terhadap percepatan penuran angka stunting. Stunting merupakan kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan, sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.

Langkah awal yang dilakukan BKKBN Sumatera Utara adalah Sosialisasi Pendataan Keluarga. Kegiatan ini dialakaun di Desa Portibi Jae Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Perwakilan dari BKKBN Sumatera Utara, Dra Rabiatun Adawiyah, MPHR menjelaskan, pengumpulan dan pengolahan data menggunakan formulir F/I/PK/21 dilakukan di tingkat kecamatan dengan memanfaatkan Balai Penyuluhan, lalu data yang sudah diterima akan diinput langsung menggunakan perogram berbasis smartphone.

BKKBN juga melalukan metode pendataan keluarga dengan cara Metode Sensus dengan mendata seluruh keluarga di Indonesia dengan melakukan kunjungan rumah ke rumah.

Kegiatan Sosialisasi ini mejadi perhatian khusus dari Bapak Dr Saleh Partaonan Daulay, MAg, MHum, MA, Anggota Komisi IX DPR RI sebagai Mitra Kerja BKKBN.

Dampak jangka pendek stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan metabolisme. (rel)

Mungkin Anda juga menyukai