155 TKI Asal Tanjungbalai Lebaran di Kampung Halaman, Pengakuannya Sudah Tak Makan di Malaysia…

Salah satu TKI menggendong anaknya. (dev)

Tanjungbalai (medanbicara.com)-155 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Pekerja Migran warga Tanjungbalai tiba di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai, Kamis (21/5/2020) sore.

Setibanya di Pelabuhan Teluk Nibung, para TKI langsung disemprot disinfektan oleh petugas sebelum memasuki pelabuhan dan mengikuti pemeriksaan lanjutan.

ali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH, MH bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanjungbalai, Kapolres TanjungBalai, AKBP Putu Yudha Prawira, SIK, MH, Dan Lanal TBA Let Kol Laut (P) Dafris, Dan Dim 0208 Asahan Letkol Sri Marantika, SSos, Kepala KSOP Tanjungbalai, Afrizal Tanjung, Sekdakot Tanjungbalai, Yusmada menyambut kepulangan 155 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan pekerja migran yang merupakan warga Tanjungbalai.

“Kepulangan 155 TKI asal Tanjungbalai ini merupakan pemulangan tahap II dari tiga tahap pemulangan yang direncanakan. Sebelumnya Senin (18/5/2020) yang lalu, Pemkot Tanjungbalai sudah memulangkan 146 orang TKI,” kata Wali Kota.

“Alhamdulillah hari ini pemulangan tahap kedua, 155 warga kita sudah tiba di Kota Tanjungbalai. Hingga saat ini, sudah ada 301 orang warga kita yang telah dipulangkan dari Malaysia. Total keseluruhan yang sudah terdata dan akan dipulangkan adalah sebanyak 440 orang. Artinya, ada 139 orang warga Tanjungbalai yang akan dipulangkan kembali ke tanah air,” katanya.

Rencananya, pemulangan tahap III akan dilaksanakan selesai Hari Raya Idul Fitri dikarenakan pihak Malaysia sedang cuti. Selesai cuti nantinya Insha Allah pemulangan tahap III akan segera dilanjutkan dan diproses oleh Pemerintah Malaysia.

“Mari kita doakan bersama semoga semua proses berjalan lancar,” sebut HM Syahrial.

Menurutnya, Pemkot Tanjungbalai mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta dukungan semua pihak yang telah ikut serta membantu pemulangan warga khususnya kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Pihak KBRI di Malaysia, Propinsi Sumatera Utara, dan pihak terkait lainnya kiranya apa yang kita lakukan saat ini diridhoi Allah SWT.

Terakhir Wali Kota HM Syahrial menyampaikan, nantinya seluruh TKI yang sudah tiba di Tanjungbalai langsung dilakukan pemeriksaan Kesehatan Rapid Test Covid-19 oleh petugas Kesehatan dari Karantina Kesehatan Cab Tanjungbalai dan Dinas Kesehatan Pemkot Tanjungbalai dan akan dibawa ke Karantina Kesehatan yang berlokasi di Gor Mini, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai, untuk proses pemeriksaan administrasi dan penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, salah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru tiba, Siti boru Nasution saat diwawancarai menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Wali Kota Tanjungbalai, H Muhammad Syahrial atas partisipasinya untuk penjemputan tiba di Indonesia dan telah membantu bisa pulang ke tanah air yakni Kota Tanjungbalai saat ini, apalagi mendekati Hari Raya Idul Fitri.

“Saya sangat bersyukur dan bahagia bisa kembali ke Tanjungbalai, saya sehari-hari berjualan di Malaysia membantu suami yang pekerjaannya sebagai pekerja bangunan,” katanya.

Ia menyebutkan, selama berbulan bulan ini pada masa lockdown di Malaysia dengan adanya wabah Virus Corona (Covid-19) mereka tidak dapat bekerja dan kesulitan untuk makan di Malaysia. (dev)

Mungkin Anda juga menyukai