Buka Musyawarah BKUK 2021, Ini Kata Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib…

Tanjungbalai (medanbicara.com)-Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib saat menghadiri dan membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah V Badan Kerjasama Umat Kristiani (BKUK) Kota Tanjungbalai, di Sopo Katolik Gian Franco Cruder, SX Jalan Jamin Ginting/Arteri, Tanjungbalai, Jumat (13/8/2021).

“Keberadaan Badan Kerjasama Umat Kristiani (BKUK) adalah sebuah wadah yang menganyomi gereja-gereja, untuk itu saya berharap kehadiran BKUK dapat memberi warna bagi terciptanya kerukunan, kebersamaan dan kesatuan umat kristen ditengah moderisasi agama saat ini,” kata Plt Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib.

Pemkot Tanjungbalai mengucapkan selamat menjalankan musyawarah, semoga pelaksanaannya berjalan lancar dan aman, sesuai dengan tema “Bagiku Bekerja Memberi Buah”.

“Saya berharap keberadaan umat Kristen di Kota Tanjungbalai dapat membawa kebaikan dan keberkahan. Saya berharap BKUK yang menaungi umat kristen dapat memberi contoh dan melahirkan program yang tidak lagi biasa biasa saja, tapi harus yang luar biasa. Mengingat terbentuknya BKUK di Kota Tanjungbalai sudah 22 tahun, untuk itu saya yakin ke depan BKUK bisa memberi harapan baru bagi terciptanya kerukunan umat beragama di Kota Tanjungbalai, ” harapnya.

“Kita semua bersaudara, untuk itu mari bersama sama mengubah Tanjungbalai menjadi Kota yang lebih baik, indah, sejahtera dengan kemandirian. Kita ketahui dengan kondisi APBD yang terbatas saat ini Pemkot Tanjungbalai belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan sepenuhnya, setiap elemen masyarakat dan organisasi salah satunya BKUK harus mandiri melaksanakan program kerjanya apalagi mayoritas umat Kristen terdiri dari etnis suku Batak yang saya tahu orang Batak itu pekerja keras, ulet dan mandiri. Saya yakin siapapun pengurus BKUK yang terpilih nanti pasti lebih mandiri dan memiliki program yang lebih kreatif dan luar biasa,” tegasnya.

Sementara itu mewakili DPRD Tanjungbalai, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Eriston Sihaloho mengatakan, dengan keberadaan saat ini ada 46 Gereja di Kota Tanjungbalai. “Kami (DPRD Tanjungbalai) akan selalu mendukung dan siap membantu program BKUK maupun organisasi lainnya demi kerukunan umat beragama,” katanya.

Sama seperti yang disampaikan sebelumnya, Eriston berharap ke depan Pengurus BKUK yang terpilih untuk periode 2020 -2025 dapat membawa organisasi ini jauh lebih baik. “Kami dari DPRD Tanjungbalai sangat mendukung terbentuknya badan atau struktur yang mewadahi umat Kristen di Kemenag. BKUK dapat lebih berperan di tengah-tengah masyarakat ke depannya,” ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Tanjungbalai, Al Ahyu mengatakan BKUK ke depan harus mampu menjaga kerukunan intern umat beragama oleh masing-masing umat beragama termasuk umat agama Kristen, maupun eksternal umat beragama.

Al Ahyu menambahkan, setelah menjaga hubungan internal umat beragama, peran organisasi keagamaan selanjutnya adalah menjaga hubungan eksternal umat beragama. Kendati kondisi sosial antarumat beragama di Kota Tanjungbalai terlihat kondusif, namun Al Ahyu berharap hal ini tidak membuat umat beragama menjadi merasa aman, terutama para tokoh agama, harus tetap waspada dan terus menjaga kerukunan dengan berbagai kegiatan/inovasinya.

“Tanamkan ajaran agama kita kepada umat kita dengan baik, jika mereka paham ajaran agama dengan baik, maka tidak akan kekacauan yang terjadi. Penanaman nilai-nilai agama dimulai dari dalam agama. Dalam konteks mewujudkan cita-cita Indonesia Rukun dimulai dari keluarga yang damai dan rukun dimana saat ini Kemenag giat dalam programnya Moderasi agama, “ urai Al Ahyu.

“Demikian pula dengan moderasi beragama, gerakan ini perlu diwujudkan. Di sini saya menitip pesan kepada pendeta dan pimpinan gereja untuk bersama-sama membangun dan menjaga kedamaian tersebut kepada para jamaah,” ujarnya.

Ketua BKUK Tanjungbalai ,Walman Riadi P Girsang menyampaikan selama perjalanan BKUK yang sudah mencapai 22 tahun, semoga pengurus baru terpilih akan jauh lebih baik membawa organisasi ini ke arah yang lebih baik dengan berbagai program dan inovasinya. “Dan kami mohon pelaksanaan musyawarah yang seharusnya pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19 baru dapat dilaksanakan hari ini,” katanya.

Di akhir acara pembukaan Ketua BKUK Tanjungbalai beserta pengurus serta para pendeta dan pastor mangulosi Plt Wali Kota, HWaris Thalib.

Terpilih sebagai Ketua BKUK Kota Tanjungbalai periode 2020-2025 adalah Eriston Sihaloho, Seketaris Robinhot Silaen dan Bendahara Dinaria Tarigan.(Vin)

Mungkin Anda juga menyukai