Jajanan Permen Berulat Viral di Medsos, Ini Jawaban BPOM Kota Tanjung Balai….

TANJUNGBALAI (medanbicara.com)-Jagat maya dihebohkan dengan viralnya jajanan ringan berupa permen karet, yang banyak di jual di pasaran ternyata mengeluarkan ulat saat direndam di dalam air.

Permen karet tersebut menjadi primadona bagi anak-anak, karena bentuk kemasan yang unik sehingga dapat menarik perhatian anak usia 4-8 tahun.

Dengan beredar nya video tersebut, tidak sedikit para orangtua yang khawatir karena adanya ulat dalam permen karet yang berbentuk bulat tersebut.

Loka POM yang merupakan UPT Badan POM yang ada di Tanjungbalai saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (21/09/2022) sekitar pukul 11.00 Wib melalui Fitri sebagai Humas mengatakan, untuk kebenaran adanya ulat dalam permen karet tersebut belum bisa dipastikan benar atau tidak sesuai dengan video yang beredar saat ini.

“Kita belum bisa memastikan kebenaran dari video tersebut, karena kita belum bisa memastikan apakah benar ulat tersebut berasal dari permen, atau ulat tersebut diedit oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, atau ulat tersebut dimasukkan ke dalam permen yang sudah dilarutkan di dalam air sehingga seolah-olah permen mengandung ulat. Karena, apabila ada ulat dalam permen karet tersebut, tanpa harus kita rendam air pun pasti sudah terlihat. Apalagi permen tersebut memiliki rasa yang manis (kadar gula tinggi), sehingga kami belum bisa memastikan kebenarannya,” ucap Fitri.

Fitri juga mengatakan, bahwa saat ini sedang berkoordinasi dengan BPOM Pusat untuk mencari tahu kebenaran video tersebut, apakah benar mengandung ulat seperti dalam video.

“Mungkin produk sama, tapi kita kan tidak tahu apakah yang di dalam video permennya sudah kedaluarsa dan kejadiannya pun kita belum tahu pasti dimana, sehingga kita harus koordinasi dulu ke BPOM Pusat. Lihat saja pada kemasan apakah memiliki izin edar dari BPOM,” pungkasnya.

Saat wartawan dan Loka POM di Kota Tanjungbalai melakukan pengujian dengan cara merendam permen dalam air seperti yang ada dalam video, tidak terlihat satu pun ulat, maupun cacing seperti yang ramai di bincangkan di media sosial.

Fitri juga berharap para orang tua agar lebih teliti terhadap jajanan yang dibeli untuk anaknya, pastikan bahwa jajanan tersebut memiliki izin edar untuk menjamin keamanannya. (Vin)

Mungkin Anda juga menyukai