Jelang Natal, Plt Wali Kota Waris Thalib Monitoring Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar Tradisional di Kota Tanjungbalai

Tanjungbalai (medanbicara.com)-Sehari Jelang perayaan Natal 2021 dan mendekati akhir Tahun Baru 2022 Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib bersama jajaran OPD terkait mengecek harga sembako atau kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di antaranya pasar Bahagia dan Pasar Stasiun (Suprapto), Jumat (24/12/2021). 

Plt Wali Kota meninjau langsung Pasar Bahagia pukul 08.30 WIB, untuk mengetahui stabilitas harga maupun persediaan sembako dan bahan pangan lainnya.

“Saat ini pantauan kami tadi harga sembako masih bisa dibilang cukup stabil menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujar Plt Walkot Waris.

Plt Walikota Waris berkeliling pasar dan menanyakan langsung kepada pedagang harga-harga kebutuhan pokok. Mulai dari beras, telur, cabai, daging, buah, hingga minyak goreng. Ia juga mengecek stok ketersediaan komoditas beras.

“Ini bukan hanya tanggung jawab ditangan pemerintah melalui OPD, tapi ini juga bagian para pedagang untuk mengawasi harga relatif tetap stabil dengan menjual barang sesuai stok yang ada,” ujarnya.

Selain itu, Plt Walikota Waris juga meninjau bangunan lantai Gedung Pasar Suprapto yang sudah lama tidak difungsikan. Waris juga berbincang-bincang dengan para pedagang di Pasar Suprapto, dan ditemukan adanya kendala bagi jalur pejalan di dalam pasar, yang kerap kali membuat pedagang dan pembeli jatuh tergelincir.

Plt Wali Kota pun mengintruksikan kepada dinas perdagangan, perindustrian dan pasar untuk melakukan pembenahan. Tak lupa Plt Walikota Waris memborong atau membeli sejumlah komoditi sayuran dan buah-buahan para pedagang seraya mengingatkan dan memotivasi para pedagang agar selalu menjaga kebersihan di areal masing masing sehingga pasar tetap terjaga kebersihannya.

Dari data yang diperoleh di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dagper) Kota Tanjungbalai di Pasar Bahagia, sejumlah komoditas bahan pokok relatif stabil harganya dalam seminggu terakhir misalnya bawang lokal sebelumnya diharga Rp 24.000 pada hari Senin, mulai Selasa hingga Jumat stabil diharga Rp 28.000, beras tidak ada mengalami kenaikan harga di masing masing jenisnya dalam seminggu ini, cabai hijau dan rawit justru mengalami penurunan harga sedangkan cabai merah stabil diharga Rp 28.000. Begitu juga dengan daging yang harganya juga stabil misalnya daging sapi dalam seminggu ini tetap diharga Rp 130.000/kg, begitu juga dengan harga daging ayam.

Dalam peninjauan harga bahan pokok jelang Nataru, turut mendampingi Plt Wali Kota Tanjungbalai yakni Plt Kadis Dagper Syamsul Rizal, Kadis Perikanan Nefri Siregar, Kadis Perhubungan Mhd Khairul dan Plt Kasatpol PP Arifin.(Vin) 

Mungkin Anda juga menyukai