Jelang Nataru, Pemko Tanjungbalai Bersama Polres Gelar Gladi Bersih dan Simulasi Masa Pengetatan Arus Mudik dan Balik di Pos PAM Lilin Toba 2021

Tanjungbalai (medanbicara.com)-Menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Pemko Tanjungbalai bersama Polres Tanjungbalai menggelar gladi bersih dan simulasi masa pengetatan arus mudik/balik di Pos PAM Lilin Toba 2021 yang berada di Pos PAM Batu 7, Jalan Sudirman Kota Tanjungbalai, Senin (20/12/2021).

Kegiatan Simulasi dihadiri Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung, Waka Polres Tanjungbalai Kompol Jumanto, Kasat Lantas Polres Tanjungbalai AKP Hotlan Wanto Siahaan SH, Plt Kadis Kesehatan Kota Tanjungbalai dr.H.Ali Azhari, Kadis Perhubungan Kota Tanjungbalai Khairul, Kalaksa BPBD Tanjungbalai M Ridwan Parinduri.

Simulasi yang dipimpin Kabag Ops Polres Tanjungbalai AKP Damos Aritonang S.IK,MH dan diikuti peserta yang terdiri dari Personel Sat Lantas Polres Tanjungbalai, Personel dishub dan Satpol PP kota Kota Tanjungbalai, Personel Sat Sabhara Polres Tanjungbalai, Personel Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai, Personel BPBD Kota Tanjungbalai.

Waka Polres Tanjungbalai, Kompol Jumanto yang mewakili Kapolres Tanjungbalai mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir. “Kepada kita semua yang telah bekerja dengan ikhlas mudah-mudahan doa kita semua warga Kota Tanjungbalai terhindar dari Covid 19,” katanya.

“Setelah ini silakan menyesuaikan, karena pada tanggal 23 Desember 2021 akan digelar apel pasukan di halaman kantor Wali Kota. Mudah mudahan dalam waktu dekat kita bisa mencapai 71 % yang sudah divaksin sehingga kita terhindar dari Covid 19. Kami ucapkan juga terima kasih kepada tim atas pelaksanaannya kegiatan hari ini,”ujarnya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung mengatakan, Pemko Tanjungbalai mengapresiasi dan berterimakasih atas dukungan Polres Tanjungbalai dan seluruh pihak yang hingga saat ini terus mendukung dan bekerja keras tanpa lelah dalam pelaksanaan vaksinasi di Kota Tanjungbalai. “Insya Allah sesuai arahan Pemerintah Pusat kita dapat mencapai target vaksinasi 70% untuk Kota Tanjungbalai sehingga Kota kita terhindar dari penyebaran Covid-19,” katanya.

“Pelaksanaan kegiatan hari ini adalah upaya kita bersama Polres Tanjungbalai dalam melaksanakan arahan dari Pemerintah Pusat mencegah penyebaran Covid-19 jelang libur Natal 2021 dan Tahun baru 2022. Pemko Tanjungbalai terus mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin agar mengikuti vaksinasi ditempat yang telah diinformasikan,” sebut Nurmalini Marpaung.

Selanjutnya Kegiatan dilanjutkan dengan gladi simulasi pelaksanaan scan barcode aplikasi sesuai dengan peran masing masing bertempat di Pos PAM Batu 7. Simulasi I penyetopan kendaraan yang datang dari luar memasuki Kota Tanjungbalai, petugas melaksanakan pengecekan dengan aplikasi “Peduli Lindungi” dan menemukan hasil barcode warna hijau sehingga petugas menempelkan stiker di kendaraan menandakan bahwa kendaraan telah diperiksa dan bisa melanjutkan perjalanan.

Untuk Simulasi II petugas menemukan barcode wara kuning dan hasilnya masih vaksin I sehingga petugas mengarahkan untuk swab dan diarahkan untuk mengikuti vaksin II jika sudah sesuai waktu/prosedur jadwal vaksin di Pos PAM untuk dapat melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya Simulasi III petugas memeriksa penumpang dan pengendara, selanjutnya menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi dan menemukan hasil warna merah belum melaksanakan vaksinasi, sehingga petugas mengarahkan penumpang untuk di swab antigen dan jika hasilnya positif, selanjutnya petugas membawa orang yang bersangkutan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungbalai dengan mengendarai ambulance yang sudah disediakan. (Vin)

Mungkin Anda juga menyukai