Kunker di Kota Tanjungbalai, Gubsu Edy Rahmayadi Minta Pemko Tanjungbalai Tingkatkan Serapan Anggaran

Tanjungbalai (medanbicara.com)-Gubernur Sumatera (Gubsu), Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP-PKK Sumut, Nawal Lubis dan OPD Provsu mengunjungi Kota Tanjungbalai, disambut Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib didampingi Plt Ketua TP-PKK Tanjungbalai, Hj Fatiah Haitami Waris, di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Jalan Jenderal Sudirman KM 5,5, Tanjungbalai, Kamis sore (5/8/2021).

Plt Wali Kota Tanjungbalai mengatakan, akan mengejar ketertinggalan serapan anggaran daerah yang dipimpinnya. “Memang tidak semudah tahun sebelumnya, karena saat pandemi seperti sekarang ini banyak program dan kegiatan yang tidak bisa dilakukan. Tetapi, kami akan mengejar serapan anggaran ini, mendorong OPD-OPD yang ada di kita bekerja lebih keras lagi terutama proyek fisik,” katanya.

Lanjut H Waris Thalib, saat ini Pemko Tanjungbalai sedang membuat Ranperda 2021 – 2026 guna menyelaraskan program di daerah Tanjungbalai dengan Propinsi Sumatera Utara dan Nasional. 
Terkait perkembangan Covid 19 di Kota Tanjungbalai yang saat ini berada di level 2, Pemko Tanjungbalai telah menyiapkan ruangan isolasi mandiri sebanyak 2 tempat, yakni salah satunya Hotel Syariah Jalan MT Haryono, Tanjungbalai.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam amanahnya menyampaikan, serapan anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) menjadi perhatian khusus saat ini. Menurutnya serapan anggaran saat ini sangat penting, karena minimnya investasi dan masih lemahnya pergerakan ekonomi akibat diterpa pandemi Covid-19.

Sampai pada kuartal I 2021, serapan anggaran Kota Tanjungbalai baru mencapai 24,97%, sedangkan di periode sama tahun lalu mencapai 32,97%. Gubernur Edy Rahmayadi meminta agar Pemko Tanjungbalai mempercepat proses tender dan menjalankan program-programnya, terutama program pemulihan ekonomi.

“Ini sudah bulan Agustus, tahun anggaran ini tinggal empat bulan lagi dan serapan anggaran masih 24,97%. Proyek fisik apakah selesai dalam waktu empat bulan? Perputaran uang itu sekarang bergantung APBD karena dari luar minim investasi dan perekonomian kita sedang sulit,” kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi meminta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Tanjungbalai untuk bekerja lebih keras lagi. Juga meminta Camat dan Lurah yang hadir meningkatkan kepeduliannya kepada masyarakat saat ini, karena tidak sedikit dari mereka yang kesulitan di masa pandemi Covid-19.

“Ayo, bekerja lebih keras dari biasanya. Tingkatkan kepedulian kita, saat seperti ini masyarakat kita banyak yang sangat kesulitan. Coba berpikir apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat kita,” tambah Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Pemprov Sumut, Bambang Pardede mengatakan, proyek perbaikan jalan di Tanjungbalai akan dimulai tahun depan. Perbaikan jalan diharapkan mampu memberikan kenyamanan pada masyarakat, karena masyarakat Tanjungbalai cukup banyak yang mengeluhkan masalah jalan.

“Kita sudah tender tahun ini, tahun depan perbaikan jalan akan mulai kita lakukan. Jadi, masyarakat Tanjungbalai mohon bersabar dan mendukung proyek perbaikan jalan tahun depan,” kata Bambang usai acara.

Turut hadir Ketua DPRD Tanjungbalai, Tengku Eswin beserta anggota dewan lainnya, Forkopimda Tanjungbalai, Seketaris Daerah Kota Tanjungbalai Yusmada, Para Kepala OPD, Camat, Lurah, tokoh agama, nakes dan masyarakat. (Vin) 

Mungkin Anda juga menyukai