Pemkot Gelar Rakor Virtual Bersama Kepling se-Kota Tanjungbalai

Tanjung Balai (medanbicara.com)-Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menggelar rapat kordinasi (rakor) virtual yang diikuti oleh seluruh Kepala Lingkungan (Kepling) Se Kota Tanjungbalai.

Rakor yang dipimpin langsung Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib didampingi Kadis Kominfo Walman. Riadi P Girsang dan Kabag Pemerintahan Pahala Zulfikar Panjaitan dilaksanakan di ruang Command Center, Dinas Kominfo Tanjungbalai, Rabu (6/4/2022).

Rakor virtual diawali dengan paparan/ekspos Kadis Kominfo Walman P Girsang yang pada kesempatan tersebut memaparkan tentang Tanjungbalai menuju Smart City (Kota Cerdas).

“Dimana saat ini Diskominfo Tanjungbalai terus melakukan pembenahan dalam berbagai hal termasuk pemanfaatan Aplikasi, SDM, sarana dan prasarana pendukung sehingga nantinya Tanjungbalai bisa menuju Kota Tanjungbalai menuju Smart City,” jelasnya.

“Diharapkan seluruh ASN tidak terkecuali Kepala Lingkungan untuk peka terhadap teknologi dan tidak Gaptek, mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini meskipun tingkat kemampuan kita berbeda beda, yang penting adalah adanya kemauan dari para Kepling untuk belajar menggunakan teknologi dan mengoperasikannya,” paparnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib dalam arahannya menyampaikan sedikit kekecewaannya dimana dalam pertemuan ini dari seharusnya 187 Kepala Lingkungan Se Kota Tanjungbalai, yang mengikuti zoom meeting kali ini baru mencapai 125 hingga 130 orang. Saya berharap ke depan partisipasi Kepling yang mengikuti kegiatan zoom meeting seperti ini bisa 100%.

“Jika bapak/ibu Kepling ada halangan tertentu bisa permisi lewat Lurah atau Camat. apabila ada dari Kepling yang belum mengerti menggunakan aplikasi zoom meeting ini bisa dibantu oleh kawan kawan atau difasilitasi Kelurahan/ Kecamatan, bila perlu saya meminta Dinas Kominfo untuk menjadwalkan sosialisasi terkait hal ini agar seluruh Kepling bisa lebih mengerti dan lancar menggunakan aplikasi ini sehingga tidak terkendala lagi,” harapnya.

Terkait kegiatan seperti ini, kita akan terus lakukan simultan, kita akan jadwalkan sekali dua minggu kegiatan seperti ini,” ujar Plt Wali Kota Tanjungbalai.

Di era perkembangan teknologi saat ini, kita diwajibkan melek teknologi/IT. “Saya tidak berharap ada Kepling yang tidak bisa menggunakan Hp dan mengoperasikan Aplikasi yang saat ini ada di Akun Resmi Pemkot Tanjungbalai. Berbagai hal sudah disampaikan di situ, baik informasi terkini kegiatan Pemerintah Kota maupun link Ke Dinas/OPD lainnya sesuai yang dibutuhkan. Melalui Diskominfo saya meminta untuk melakukan sosialisasi terhadap terkait pemakaian aplikasi dan juga pendataan jumlah pengguna Hp di Kota Tanjungbalai,”terangnya.

Terakhir Plt Wali Kota meminta agar seluruh Kepala Lingkungan lebih responsif dan peduli melihat warganya ke bawah. Artinya, jangan hanya menunggu informasi atau keluhan warga, namun harus setiap saat berbaur ke masyarakat, melihat apa yang menjadi keluhan dan dibutuhkan warganya sehingga bisa dengan cepat mencarikan solusinya.

“Sama seperti yang akan kita lakukan dalam beberapa hari dekat ini mempercepat penurunan angka stunting, saya minta Kepling lakukan pendataan ke warganya agar saat saya tiba bersama tim ke lokasi kita tinggal melakukan aksinya dan ini harus serius dan tuntas,” pungkas Plt Wali Kota Waris Thalib. (Vin) 

Mungkin Anda juga menyukai