Pemkot Tanjungbalai Gelar Pelatihan Peningkatan Perlindungan dan Kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia

Tanjung Balai (medanbicara.com)-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib membuka secara resmi kegiatan pelatihan “Peningkatan Perlindungan dan Kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Pekerja Migran Indonesia TA 2022”, di Raja Bahagia Resto, Jalan Arteri, Tanjungbalai, Senin (13/6/2022). Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Plt Wali Kota Waris yang juga menyaksikan berlangsungnya pelatihan kepada para peserta mengharapkan meningkatnya keterampilan dan profesionalisme CPMI asal Tanjungbalai, jika suatu saat bekerja di negara penempatan. Guna mendapat pengakuan baik dari negara tersebut.

“Ini merupakan langkah nyata kita terhadap calon pekerja migran supaya memiliki kualifikasi, kompetensi, keahlian agar berdaya saing. Kita tidak boleh kalah dengan kabupaten/kota lain yang juga menempatkan pekerjanya di negara penempatan. Tantangan global harus kita rebut dan Tanjungbalai berupaya menjadi yang lebih baik dan semoga terdepan nantinya,” ucap Waris.

Dalam sambutannya, Waris menyatakan Pemkot Tanjungbalai senantiasa mendukung program mewujudkan SDM kompeten dan unggul, tak terkecuali bagi para pahlawan devisa.
Waris menyatakan optimismenya bahwa para peserta pelatihan tentu tidak akan lagi terseret pada mafia penempatan PMI ilegal atau terindikasi secara non prosedural nantinya.

“Diharapkan setelah memperoleh pelatihan keterampilan dan mampu bekerja dengan baik. CPMI Tanjungbalai jika sudah bekerja nanti dapat membanggakan Indonesia dan menjaga nama baik daerah kita. Jangan lupa kuasai betul-betul bahasa Inggris itu,” tutup Waris.

Sebanyak 50 orang peserta dengan rincian 29 laki laki dan 21 perempuan mengikuti pelatihan selama 16 hari, dari tanggal 13-29 Juni 2022. Para peserta berasal dari pemuda/i di 31 kelurahan yang ada di Kota Kerang.

Pelatihan menghadirkan narasumber yang berasal dari BP2MI Ketua UPT Medan Siti Rolijah, Polres Tanjungbalai Iptu K Sitepu, Ketua LPK Sora Ryan Zahroni Nasution, dan Instruktur Bahasa Inggris Vijay Kumar.

Hadir pada kegiatan antara lain yakni Plt Kadisnaker Tanjungbalai Mhd Irvan Zuhri, Kabid Binapenta dan PKK sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Harizal Pasa dan Direktur PT Adila Medan Purnama Panjaitan.(Vin)

Mungkin Anda juga menyukai