Pemkot Tanjungbalai Gelar Rembuk Stunting, Plt Wali Kota: Tidak Boleh Ada Yang Kurang Gizi

Tanjung Balai (medanbicara.com)- Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib membuka acara “Rembuk Stunting Pemerintah Kota Tanjungbalai Tahun 2022”, di Aula 1 Sutrisno Hadi Kantor Walikota, Tanjungbalai, Kamis (9/6/2022).

Rembuk stunting dengan tema “Rencana Terintegrasi untuk atasi Stunting Menuju Generasi Sehat dan Berkualitas”, digelar oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan didukung oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Tanjungbalai.

Plt Wali Kota Waris menyampaikan dalam sambutannya kegiatan rumbuk stunting sebagai wujud komitmen Pemerintah (Pemkot) Tanjungbalai dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting.

“Sebagaimana yang menjadi faktor penyebab stunting yaitu kurang gizi dan juga sebagian kasus pengasuhan bayi yang tidak maksimal di kota kita. Hari ini harus kita perhatikan level Kota Tanjungbalai ini, tidak boleh ada yang kurang gizi, tidak boleh ada yang tumbuh kembang anak yang bermasalah,” tegas Waris.

Menurut Waris, permasalahan stunting tidak bisa disandarkan pada salah satu pihak, akan tetapi seluruh unsur masyarakat berperan terhadap pencegahan stunting.

“Jika kita semua fokus bersama dan memperhatikan masalah ini. Saya optimis ke depan perbaikan gizi akan lebih baik di kota yang kita cintai ini. Mari kita ingatkan masyarakat, kita beri edukasi kepada orang tua tentang pola asuh kepada anak, terutama dalam konsep pemenuhan asupan kebutuhan gizi. Hal ini tidak bisa hanya 1 SKPD saja, makanya kita hadir untuk sama-sama menguatkan komitmen,” tutupnya.

Usai menyampaikan sambutan, Plt Wali Kota Waris melakukan penandatanganan NaskahKomitmen Bersama dan dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya kegiatan Rembuk tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan, Pj Sekda Nurmalini Marpaung, Plt Kadis Kesehatan Ali Azhari, Kadis Pengendalian Penduduk dan Kelurahan Berencana Hj Ernawati, dan Kepala Bappeda Zul Abdiman.

Sementara yang menjadi Narasumber yakni Kepala Kantor Perwakikan BKKBN Sumatera Utara Mhd Irzal dan dari Team Leader Local Government Capacity Building Acceleration Stunting Reduction (LGCB-ASR) Dirjen Bina Bangda Kemendagri Rizal Efendi.

Kegiatan ini diikuti oleh para Camat, Lurah, Unsur Perbankan, BUMD, Perguruan Tinggi, Kemenag, UPT Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Satgas Stunting, Lembaga Kesehatan, Tenaga Kesehatan dan PPLPKB.(Vin) 

Mungkin Anda juga menyukai