Plt Wali Kota Tanjungbalai Hadiri Peringatan Hari Nusantara 2021 Bersama DPD KNTI Tanjungbalai-Asahan

TANJUNGBALAI (medanbicara.com)-Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib menghadiri Hari Nusantara bersama DPD Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Tanjungbalai Asahan, Senin (13/12/2021).

Peringatan Hari Nusantara tahun ini DPD KNTI Sumut melaksanakan secara serentak di 5 Kabupaten/Kota dengan bentuk kegiatan parade perahu di laut, aksi damai serta kegiatan sosial salah satunya saat ini yang dilaksanakan DPD KNTI Tanjungbalai Asahan

Ketua Harian DPD KNTI Tanjungbalai, Imam Azhari melalui perwakilan DPD KNTI Tanjungbalai Al Mustaqim menyampaikan bahwa kegiatan utamanya adalah penyampaian aspirasi nelayan kecil dan tradisional.

Dijelaskannya, Hari Nusantara sangat penting maknanya bagi nelayan, ini merupakan momentum untuk membangun pondasi pembangunan Indonesia berbasis kelautan yang mensejahterakan rakyat. Meneruskan mandat dari Dekrasi Djuanda yang menegaskan bahwa laut menyatukan Indonesia, mempertegas kedaulatan bangsa, serta memberi kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia

Mustaqim juga menegaskan bahwa Peringatan Hari Nusantara menjadi momentum bagi nelayan kecil tradisional untuk mendesak pemerintah terus meningkatkan pemenuhan hak-hak nelayan. Terdapat tiga catatan utama terkait dengan pemenuhan hak-hak nelayan.

Pertama, Pemenuhan akses dan ketersediaan BBM bersubsidi bagi nelayan kecil. Ketersediaan kuota BBM untuk nelayan kecil, saat ini Dinas Perikanan dan Kelautan masih mendata nelayan diatas 5GT, nelayan kita di bawah 5GT masih belum dilayani di SPBN, untuk itu kami perlu dukungan pemerintah daerah dalam hal ini Pemkot Tanjungbalai dan Pemkab Asahan.

Kedua, Stop dan hentikan penangkapan ikan secara ilegal/pukat trawl. Ketiga DPD KNTI meminta pengaturan zona penangkapan ikan dilaut. Karena selama ini sering terjadi perkelahian/cekcok dengan nelayan lain baik seperti kasus nelayan kerang Tanjungbalai Asahan dengan nelayan tangkul gurita di tambun tulang Batubara yang hingga saat ini masih sering terjadi.

Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib menyampaikan selamat Hari Nusantara kepada para nelayan Tanjungbalai Asahan yang tergabung dalam KNTI.

“Peringatan hari Nusantara adalah momentum kita dalam memberikan penegasan bahwa negara kita Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Untuk itu saya berharap dan siap akan selalu mendukung kegiatan nelayan dan akan terus berupaya menyahuti aspirasi para nelayan di Kota Tanjungbalai,”tegasnya.

“Mari kita bersama menjadikan momentum hari Nusantara dengan bergotong royong menguatkan wilayah maritim kita,” pungkasnya.(Vin)

Mungkin Anda juga menyukai