Plt Wali Kota Tanjungbalai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2021

Tanjungbalai (medanbicara.com)-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2021, yang dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Kamis (23/12/2021).

Apel tersebut dihadiri Kapolres Tanjungbalai AKBP Triyadi, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai DR. Salomo Ginting, mewakili Dandim 0208 Asahan, Danramil 09 Kapten Inf H. Marpaung, Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung, Pejabat Utama dan personel Polres Tanjungbalai dan Polsek, Pimpinan OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai dan diikuti peserta apel Personil TNI – Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan Petugas Damkar.

Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib dalam amanahnya membacakan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, bahwa gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir terkait kesiapan personel.

“Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmnas yang harus kita antisipasi. Antara lain ancaman kelompok intoleran, radikalisme, dan terorisme. Aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum,” katanya.

Kapolri juga meminta seluruh jajarannya mengantisipasi bahaya bencana alam yang bisa datang secara tiba-tiba. Penegakan disiplin dalam protokol kesehatan juga harus selalu ditekankan.

“Oleh karena itu Operasi Lilin 2021 harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan kamtibmas harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman. Baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya COVID-19,” katanya.

Operasi Lilin Toba 2021 digelar selama 10 hari mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022. Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI serta 55.086 personel instansi terkait lainnya yang akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan yang diturunkan dalam operasi tersebut.

Kapolri juga meminta penyebaran virus Corona varian omicron untuk diantisipasi selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022. Pasalnya, merujuk data dari Kementerian Perhubungan, belasan juta masyarakat akan melakukan mobilitas selama masa libur tersebut.

Di akhir amanatnya, Kapolri meminta seluruh jajarannya menjalankan tugas dengan humanis. Dia meminta sinergitas dengan instansi lain juga terus dijaga dalam Operasi Lilin Toba 2021.
“Mantapkan kerjasama, sinergi, dan solidaritas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” tegasnya.

Usai apel gelar pasukan, Plt Wali Kota Tanjungbalai bersama Forkopimda dan undangan langsung mengikuti rakor lintas sektoral dalam rangka kesiapan operasi kepolisian terpusat lilin toba 2021 di Aula Sutrisno Hadi Kantor Wali Kota. (Vin) 

Mungkin Anda juga menyukai