Plt Wali Kota Tanjungbalai Sambut Kunker Komisi A DPRD Sumut Terkait P4GN

Tanjungbalai (medanbicara.com)-Pemerintah Kota Tanjungbalai menerima kunjungan kerja rombongan Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut), terkait peran Pemko Tanjungbalai dalam hal Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), di Aula Thamrin Munthe, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Kamis (20/5/2021).

Rombongan DPRDSU yang dipimpin Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto disambut oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib bersama Kepala BNNK Tanjungbalai, AKBP Magdalena Sirait, Asisten Pemerintahan Setdako Tanjungbalai Nurmalini Marpaung, Kaban Kesbangpol Kota Tanjungbalai Usni Syahzuddin Sinaga, Kabag Pemerintahan dan Otda Pahala Zulfikar.

Turut hadir dalam rombongan Komisi A DPRD Sumut, Merli Ruli Boru Saragih, SH, MH anggota Fraksi PDIP, H Santoso, SH anggota Fraksi Demokrat, H Tondi Roni Tua anggota Fraksi Demokrat, Timbul Sinaga anggota Fraksi Nasdem, mewakili Kesbangpol Provsu, serta Staf Komisi A DPRD Sumut.

Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib mengucapkan terima kasih kepada rombongan Komisi A DPRD Sumut di Kota Tanjungbalai, dalam rangka menjaring dan menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan P4GN.

Lanjut H Waris Thalib, bila dicermati terkait penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang merupakan musuh seluruh bangsa dan elemen masyarakat, karena kejahatan tersebut terorganisir dan termasuk kejahatan kemanusiaan yang membahayakan.

“Ada situasi baru yang sangat menarik untuk dibahas terkait P4GN, dimana beberapa waktu lalu kami juga telah duduk bersama dengan Kapolres dan Kepala BNNK Kota Tanjungbalai dalam membahas pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Kota Tanjungbalai, dan untuk mewujudkannya Pemko Tanjungbalai telah mengalokasikan anggarannya, ” Sebut Plt Wali Kota.

Disampaikan Plt Wali Kota, implementasi P4GN yang akan dilaksanakan salah satu contohnya dan menjadi gagasan sebagai bentuk buah pikiran yaitu Kementrian Agama, saat masyarakat kita melakukan pengurusan pembuatan buku nikah harus dilakukan tes urine sebagai bentuk pencegahan penggunaan narkoba.

“Memang kita harus sangat berhati hati dalam pelaksanaan dan penerapan P4GN agar langkah ini kedepannya bisa terealisasi dengan baik, mudah mudahan melalui pertemuan dan kunker Komisi A DPRD Sumut do Kota Tanjungbalai dapat membantu dan memberikan solusi terbaik dalam penerapan dan pelaksanaan P4GN di Kota Tanjungbalai,” ujar H Waris Thalib.

“Bila dilihat dari persentase terbesar sasaran pengguna Narkoba saat ini adalah kaum milineal dan banyak tercatat masih berstatus usia pelajar, dan mahasiswa, hal ini tentulah sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Dampak dari peredaran narkoba telah masuk dalam lini mengancam hilangnya generasi muda berkualitas semakin nyata.

Untuk itu, ungkap Plt Wali Kota, Pemkot Tanjungbalai mempunyai komitmen terhadap upaya-upaya pencegahan, pemberantasan dan penanggulangan serta peredaran gelap narkoba dengan sinergitas bersama Forkopimda Tanjungbalai, TNI-Polri dan Masyarakat Tanjungbalai.

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto menyampaikan kami sangat mengapresiasi kepada Kota Tanjungbalai yang menjadi satu kab/kota dari 23 daerah yang berhasil menjalankan pilkada serentak di masa Covid-19.

“Terkait peredaran narkoba berdasarkan fakta di lapangan menunjukan bahwa Sumatera Utara menduduki rangking pertama di Indonesia sebagai daerah yang peredaran, dan penggunaan narkoba cukup tinggi,” Hendro Susanto.

“Maka dalam kesempatan dan agenda kali ini kita menjadikannya sebagai langkah awal sebagai bentuk perang melawan narkoba (War On Drugs), kita bersama menyentuh hati masyarakat untuk mengatakan dan melangkah bersama melawan narkoba,” ujar Hendro Susanto.

Sebelum ke kantor Wali Kota, pihaknya sebelumnya mengunjungi Polres Tanjungbalai melihat secara langsung bukti penangkapan yang baru dilakukan Polres Tanjungbalai yang telah berhasil menangkap sebanyak 57 bungkus narkoba, yang kalau diperkirakan berat 1 bungkus itu mencapai 1 kg. “Untuk itu kami dari DPRD Sumut khususnya Komisi A mengapresiasi kinerja Kapolres Kota Tanjungbalai dan juga Plt Wali Kota Tanjungbalai,” ucap Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto.

Kepala BNNK Kota Tanjungbalai, AKBP Magdalena Sirait dalam kesempatan tersebut mengatakan, saat ini BNNK Tanjungbalai terkait dengan masalah inpres yang disampaikan oleh Komisi A DPRD Sumut, bahwa penerapan inpres tersebut sudah berjalan di lingkungan Kota Tanjungbalai.

“Terkait program desa/kelurahan bersinar dalam tahun ini kita akan mulai menjalankan program tersebut, karena harapan kita bersama mampu memberikan shock terapi dan selanjutnya mampu menekan angka peredaran narkoba di Kota Tanjungbalai,” sebutnya.

“Untuk mensukseskan program desa/kelurahan bersinar, kita juga sudah melatih beberapa orang yg terpilih dari tiap tiap kelurahan yang nantinya ketika kembali dari pelatihan ke lingkungan masing-masing diharapkan mampu merangkul orang orang yang telah kecanduan narkoba, kembali hidup normal kembali dan menjauhi narkoba,” harapnya.

Acara berakhir ditandai dengan serah terima plakat antara Plt Wali Kota Tanjungbalai kepada Ketua Komisi A DPRD Sumut dan foto bersama. (Vin)

Mungkin Anda juga menyukai