Plt Wali Kota Tinjau Lokasi Rawan Banjir di Kota Tanjungbalai

Tanjungbalai (medanbicara.com)-Usai menghadiri lawatannya menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Banda Aceh, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib didampingi Kalaksa BPBD Ridwan Parinduri, Kapolsek Datuk Bandar, Danramil 17 Datuk Bandar, Camat Datuk Bandar Abu Said, Lurah dan OPD terkait meninjau langsung beberapa titik lokasi rawan banjir di Dua Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai.

Lokasi pertama yang ditinjau Plt Wali Kota yakni lokasi sungai pasar traktor, di lokasi tersebut terpantau kondisi sungai yang mengalami peningkatan debit air dan menyebabkan saat ini air sudah merendam permukiman warga dengan ketinggian air lebih kurang 10 cm – 20 cm.

“Hari ini kami sedang memantau kondisi debit air di sungai pasar traktor dan beberapa lokasi yang telah digenangi air, hal ini merupakan persiapan kita dalam mengantisipasi banjir akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari ini. Kami berharap masalah genangan dan banjir bisa tertangani dengan baik dengan persiapan yang terus kita lakukan dan siapkan langkah langkah penanganannya,” ujar Waris, saat meninjau sungai pasar traktor, Selasa sore (23/11/2021).

“Saat ini berdasarkan pantauan kita di lapangan, debit air sungai pasar traktor sudah naik. Hal ini disebabkan juga karena kondisi sungai yang sudah mengalami pendangkalan dan juga tumpukan sampah yang menutupi permukaan sungai,” jelasnya.

Di lokasi tersebut, Plt Wali Kota bersama OPD dan masyarakat bahu mambahu melakukan pembersihan sampah plastik, botol minuman, potongan kayu kecil dan pelepah sawit yang menutupi jembatan dan aliran sungai. 

Menindaklanjuti kondisi saat ini, Plt Wali Kota mengatakan akan terus memantau kondisi dilapangan dan meminta OPD terkait BPBD, Camat, Lurah dan lintas sektoral TNI dan Polri terus berkoordinasi melakukan langkah langkah antisipasi penanganan banjir terutama di wilayah Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur guna menimalisir hal hal yang tidak diinginkan, mengingat saat ini Kota Tanjungbalai hampir setiap hari diguyur hujan.

Selain meninjau sungai pasar traktor, Plt Wali Kota beserta rombongan juga meninjau lokasi lainnya diantaranya lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) lama di Jalan Husni Thamrin selanjutnya ke Jalan Anwar Idris atau sei dua dekat Jalan Atong, Jalan Ampera Ujung dan terakhir Lingkungan IV, Kelurahan Gading Kecamatan Datuk Bandar.

“Selain genangan air yang terjadi di daerah pasar traktor, di lokasi lain tepatnya di Lingkungan IV Kelurahan Gading yang tadi kita tinjau, air juga sudah ada yang memasuki rumah warga meski saat ini kondisinya masih dalam batas normal. Untuk itu tadi saya juga kembali sampaikan kepada Camat dan jajarannya untuk secepatnya melakukan langkah langkah strategis dalam mengantisipasi penanganan banjir salah satunya menggiatkan gotong royong bersama warga dan melakukan kordinasi yang berkelanjutan dengan OPD terkait jika sewaktu waktu membutuhkan penanganan yang lebih lanjut,” pungkas Plt Wali Kota Waris Thalib. (Vin) 

Mungkin Anda juga menyukai