Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli Serahkan Bantuan Mesin Perahu dan Coolbox Bagi Pemasar

Walikota Gunungsitoli dan wakil Walikota serta Kadis Perikanan dan Kelautan menyerahkan secara simbolis mesin perahu kepada salah seorang pelaut (ist)

Gunungsitoli (medanbicara.com)-Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dan Wakil Walikota, Sowa’a Laoli, memimpin penyerahan secara simbolis bantuan berupa mesin perahu sebanyak 105 kepada para nelayan perahu dayung, di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan 35 mesin kepada para pelaut perahu dayung di wilayah Gunungsitoli Selatan yang jumlahnya mencapai 413 nelayan.

Selain itu, kedua pucuk pemimpin Kota Gunungsitoli itu menyerahkan coolbox kepada pemasar ikan sebanyak 30 unit.

Dalam arahannya, Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa penguasaan teknologi serta ketersediaan sarana dan prasarana penangkapan ikan dapat meningkatkan produksi ikan.

Sehingga bila dimanfaatkan dan diolah dengan baik sambungnya, akan menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap PRDB (Produk Domestik Regional Bruto) Kota Gunungsitoli. Sekaligus meningkatkan penghasilan para nelayan dan pemasar ikan.

“Melalui kesempatan ini juga, saya himbau kepada para nelayan dan pemasar ikan agar tetap mematuhi protokoler kesehatan dalam beraktifitas demi menjaga diri sendiri, keluarga dan orang lain di sekitar kita,” harap Lakhomizaro Zebua, di Kecamatan Idanoi, Kamis (10/9/2020).

Kepala Dinas Perikanan, Aliran Telaumbanua dalam laporannya,  total jumlah nelayan yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli sebanyak 1863 orang. Sementara 413 orang diantaranya yang masih menggunakan perahu dayung.

Ia menjelaskan, bantuan kali ini disalurkan khusus kepada para nelayan yang masih menggunakan perahu dayung. Sedangkan bantuan coolbox 200 liter disalurkan kepada 75 orang pemasar ikan se-Kota Gunungsitoli.

Proses penyaluran bantuan ini dilaksanakan di 3 lokasi masing-masing di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi bergabung dengan Kecamatan Gunungsitoli Selatan, seterusnya akan dilaksanakan di Kecamatan Gunungsitoli, dan Kecamatan Gunungsitoli Utara.

Adapun penerima bantuan di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi sebanyak 105 mesin perahu kepada nelayan dan 15 unit coolbox kepada pemasar ikan. Berikutnya penerima bantuan di Kecamatan Gunungsitoli Selatan sebanyak 35 mesin perahu kepada nelayan dan 15 unit coolbox kepada pemasar ikan.(nua)

Mungkin Anda juga menyukai