Walikota Lakhomizaro Zebua dan Wakil Walikota Panen Raya Cabai

Gunungsitoli (medanbicara.com)-Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dan Wakil Walikota, Sowa’a Laoli beserta Asisten Sekda dan kepala perangkat daerah melaksanakan panen raya cabai, di Desa Binaka, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Rabu (23/9/2020).

Kegiatan panen raya ini diadakan di atas lahan seluas 1,2Ha milik Kelompok Tani Sepakat binaan Desa Binaka.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gunungsitoli, Oimolala Telaumbanua mengatakan, penanaman benih cabai yang dilakukan pada September 2019 lalu akhirnya dapat dipetik buahnya sekarang setelah berumur kurang lebih 110 hari.

Dikatakannya, alokasi anggaran dari Pemerintahan Desa Binaka dimanfaatkan dengan maksimal oleh Kelompok Tani Sepakat (KTS) sehingga dapat menuai hasil yang baik.

Sementara itu, Ketua KTS sangat berterimakasih kepada para penyuluh pertanian. Dengan setia mereka mendampingi dan mengayomi para petani. Jumlah hasil panen bacai diperkirakan dapat mencapai 600 kg per tiga hari.

Rencananya di waktu yang akan datang, KTS) akan membuka lahan tidur seluas 4Ha. Lokasinya sebelah lahan yang sudah ditanami cabai. KTS berharap pemerintah dapat membantu dalam pembangunan drainase di sekitar lahan tersebut.

Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya mengapresiasi Kelompok Tani Sepakat dalam keberhasilannya melakukan panen raya di lahan yang digarapnya. Sekaligus dirinya berterimakasih karena dengan hasil panen yang ada dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Gunungsitoli dan dapat menstabilkan harga cabai di pasaran.

Lakhomizaro menambahkan, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Pemerintah Kecamatan ke depan akan terus mendukung kemajuan sektor-sektor pertanian.

Ia juga berharap para penyuluh pertanian senantiasa mengupdate ilmu-ilmunya sehingga mampu mentransfer ilmu yang bermanfaat kepada para petani.(nua)

Mungkin Anda juga menyukai