Pagi-pagi Puluhan Ruko di Batangtoru Tapsel Ludes Terbakar

Api menghanguskan ruko di Batangtoru. (ant)

TAPSEL (medanbicara.com)-Kebakaran melanda kawasan pertokoan di sekitar Pasar Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Api dilaporkan mulai membakar puluhan ruko sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis (25/7/2019). Api diduga berasal dari salah satu rumah toko (ruko) penjual sembako.

Angin kencang dan kondisi ruko-ruko yang sebagian besar di antaranya berdinding papan, membuat api merambat dengan cepat membakar bangunan-bangunan di sekitarnya. Api juga membakar kios-kios dagangan dari konstruksi kayu yang ada di sekitar ruko-ruko tersebut.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung berusaha memadamkan api. Sekitar pukul 09.00 WIB, api sudah berhasil dipadamkan.

Informasi dihimpun wartawan menyebut ada sekitar 30 rumah toko (ruko) dan rumah penduduk habis terkabar dalam peristiwa yang terjadi sekira pukul 06.45 WIB tersebut.

“Sejumlah bangunan ruko permanen, semi permanen, dan papan habis rata dengan tanah akibat ganasnya api,” kata Kapolsek Batang Toru, AKP DM Zein Harahap.

Informasi yang diperoleh dari warga, api diduga berasal dari salah satu toko grosir yang terbakar.

“Kita belum tahu penyebab terjadinya kebakaran, hanya saja menurut informasi dari warga asal api dari salah satu toko grosir yang terbakar,” kata Zein.

Lima unit mobil pemadam kebakaran dibantu masyarakat berusaha memadamkan api untuk mengantisipasi agar tidak menjalar ke lokasi yang lain.

“Alhamdulillah walau belum padam seluruhnya, namun berkat bantuan pemadam kebakaran api sudah bisa dikuasai sementara,” katanya sembari menyebutkan pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait sebab-sebab kebakaran.

Belum diketahui pasti apakah ada korban jiwa akibat peristiwa ini, hanya saja diperkirakan kerugian mencapai miliaran rupiah.(ant/dtc)

Loading...

Mungkin Anda juga menyukai