Sukses Selenggarakan Ekshibisi PON XXI Aceh-Sumut 2024 Cabor Ice Skating, Target FISI: Atlet Indonesia Ikut Kualifikasi Olimpiade

Medan (medanbicara.com) – Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) sukses menyelenggarakan pertandingan Ekshibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 Cabang Olahraga (cabor) Ice Skating di Sun Plaza Medan, Jumat (20/9/2024). Target FISI selanjutnya atlet Indonesia bisa ikut kualifikasi Olimpiade.

Dalam ekshibisi yang dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjend) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lukman Djajadikusuma ini, ada tujuh provinsi yang ikut serta yakni Sumatera Utara, Jawa Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Ketua Umum (Ketum) FISI, Suzan Herawaty mengaku tak lupa mengucapkan terima kasih kepada KONI Pusat yang selalu mendukung FISI hingga melaksanakan eksebisi cabor Ice Skating ini. Untuk ekshibisi ini, Suzan mengatakan ada dua disiplin yakni short track speed skating dan figure skating.

“Kami FISI Pusat berterima kasih kepada KONI Pusat yang selalu mendukung kami sampai hari ini kami melaksanakan eksibisi Pon XXI 2024 Aceh-Sumut. Teman teman liat tadi pemenang sudah terpilih untuk Senior Women dan Senior Men,” katanya kepada wartawan.

Suzan berharap untuk PON berikutnya, cabor Ice Skating bisa dipertandingkan. Target FISI sendiri adalah adanya atlet Indonesia yang ikut kualifikasi Olimpiade. “Adanya ekshibisi ini dapat melahirkan atlet muda nasional yang membanggakan di ajang internasional. Ekshibisi ini dapat dipertanggungjawabkan agar PON selanjutnya Ice Skating ini dapat dipertandingkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FISI Sumut Tjhin Seng Huat bercerita kalau FISI Sumut baru dilantik bulan Maret 2024 lalu. Selama 5 bulan menjabat, Tjhin Seng Huat sudah mendapat atlet-atlet muda berbakat di Sumut. “Kami berhasil merekrut atlet yang pernah ikut Kejurnas (Kejuaraan Nasional) dengan ekshibisi PON juga dan berhasil meraih 3 medali perunggu di nomor short track untuk 500 meter, 1000 meter dan 1500 meter. Itu merupakan penyemangat kami di FISI Sumut untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi,” jelasnya.

Meski begitu, Pengurus Provinsi (Pengprov) termuda di FISI ini berharap, dengan fasilitas yang ada di Sumut, bisa membentuk klub-klub. Yang mana nantinya, klub itu nanti ikut Kejuaraan Daerah (Kejurda) lalu selanjutnya PON. “Kami berharap ada dukungan dari stakeholder di Sumut untuk mendukung kegiatan Ice Skating,” tandas Tjhin Seng Huat.

Sekjend KONI Lukman Djajadikusuma memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada FISI Pusat dan FISI Sumut atas suksesnya ekshibisi ini. Dia berharap, atlet-atlet Ice Skating Indonesia bisa ikut Olimpiade Winter Games.

“KONI Pusat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FISI Pusat dan FISI Sumut. Karena FISI sudah pernah ikut di SEA Games dan juga Asian Winter Games. Harapan kami, bahwa atlet-atlet ice skating Indonesia bisa ikut Olympic Winter Games. Kami ikut memantau perkembangan atlet Ice Skating. Mengingat potensi atlet Indonesia yang bisa berbicara banyak di podium tingkat Asia maupun dunia,” ujar Lukman.

Dia berharap setelah dilaksanakan ekshibisi ini, cabor Ice Skating resmi dipertandingkan di PON berikutnya. “Kami siap membantu untuk para atlet yang akan bertanding di tingkat nasional maupun internasional. Kami bisa berikan semacam coaching. Kami yakin nanti ada atlet Indonesia baik di nomor short track speed skating maupun figure skating mampu berbicara banyak di kancah internasional,” ucapnya. (Rez)

Mungkin Anda juga menyukai