Tim Sar gabungan mengangkat black box pesawat Lion Air JT-610. (dtn)

JAKARTA (medanbicara.com)- Black box Lion Air JT 610 akhirnya sudah ditemukan. Saat ini tengah dibawa Kapal Baruna Jaya I.

Informasi yang diterima, Black box berwarna orange itu disimpan dalam kotak besar putih bertutup biru ke perau karet oleh tim SAR. Kemudian kotak hitam itu dibawa ke Kapal Baruna Jaya I.

Sampai kini Black box Lion Air JT 610 belum mendarat di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Black box Lion Air JT610 ditemukan utuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Black box diangkat penyelam ke Kapal Baruna Jaya I BPPT.

“Kondisinya utuh. Itu di kedalaman 30 meter,” kata penyelam, Sertu Hendra di Kapal Baruna Jaya I BPPT, Kamis (1/11/2018).

Pencarian black box diintensifkan setelah sinyal black box tertangkap alat khusus yang dibawa Baruna Jaya I. Area pencarian diperkecil di koordinat sinyal black box tertangkap transponder USBL.

Sertu Hendra menyebut arus bawah laut cukup kencang. Kapal Baruna Jaya I sendiri lego jangkar agar pergerakan ROV, pendeteksi di dasar laut bisa leluasa melakukan visualisasi.

Sertu Hendra mengatakan kontur dasar laut di area pencarian masuk kategori menyulitkan. Ada lumpur di berbagai titik.

“Kami dari taifib sudah melaksanakan earching penyelaman dengan KNKT dan kita lakukan penyelaman, memang bentuk kontur bawahnya lumpur agak sulit dan serpihan pesawat dimana mana,” tutur Hendra di atas kapal Baruna Jaya, Kamis (1/11/2018).

Saat penyelam turun ke bawah, lanjut Hendra, arus di bawah cukup kencang. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelam.

“Kemudian dengan keterbatasan kita gunakan tali agar kita tidak terlempar atau terbawa arus,” ujar Hendra.

Tim kemudian mendapatkan petunjuk dari sensor alat mengenai satu titik di dasar laut. Di titik itu dilakukan penggalian.

“Tapi kami terus kami ikuti alat kami kecilkan area-nya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan sensitif tersebut lalu kami gali, gali, dan ternyata kami mendapatkan black box,” tutur Hendra.

Sebelumnya, Kamis (31/10/2018), suara atau sinyal black box sudah ditemukan setelah menemukan bunyi ping pada pencarian Rabu kemarin.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap tim SAR gabungan juga bisa segera menemukan badan pesawat bertipe Boeing 737 Max 8 yang jatuh di perairan Utara Karawang Jawa Barat dan mengevakuasi korban yang diduga masih terjebak di dalamnya.

Selama tiga hari masa pencarian, tim SAR hanya menemukan bagian-bagian kecil pesawat dan belum bisa menemukan “fuselage” pesawat itu.

Pada operasi pencarian Lion Air JT 610, TNI Angkatan Laut mengerahkan sejumlah kapal antara lain KRI Rigel, KRI Banda Aceh, KRI Lemadang, KRI Tenggiri, dan KRI Sikuda yang sudah difokuskan pada satu titik pencarian.

Bunyi ping yang diduga berasal dari kotak hitam tersebut ditangkap pada kedalaman 32 meter dan berasal dari dua objek. (suc/dtn/com)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY