Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memeluk Beto Goncalves, usai ditaklukkan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). (blc)
Loading...

JAKARTA (medanbicara.com)- Timnas Indonesia harus menanggung malu karena kalah 2-3 dari Malaysia pada laga pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019).

Bermain di depan 50 ribuan suporter, Timnas Indonesia tampil menekan sejak awal pertandingan. Tim Merah Putih bahkan sudah mampu unggul pada menit ke-12 melalui Alberto Goncalves.

Namun, keunggulan tersebut hanya bertahan sampai menit ke-37 setelah Mohamadou Sumareh mencetak gol penyeimbang. Situasi tersebut tak berlangsung lama, dua menit kemudian Beto kembali membawa Timnas Indonesia unggul 2-1. Hingga turun minum tak ada gol tambahan.

Pada babak kedua, permainan Timnas Indonesia terlihat menurun. Hal itu lantas dimanfaatkan Malaysia untuk mencetak dua gol tambahan melalui Syafiq Ahmad (66′) dan Sumareh (90+7′). Hingga laga usai, tak ada gol tambahan.

“Kekalahan ini sulit diterima. Saya tidak bisa berpura-pura karena memang kekalahan ini sangat menyakitkan,” kata Simon McMenemy setelah pertandingan.

Simon McMenemy mengaku timnya sebenarnya mampu tampil baik dan sesuai instruksi pada babak pertama. Namun, pada babak kedua pemain Timnas Indonesia kelelahan sehingga gagal mempertahankan keunggulan dan kalah.

“Pada babak pertama, Timnas Indonesia sudah bermain cukup bagus dan seusai game plan. Pada 20 menit babak kedua pemain terlihat capek. Hingga lima menit sebelum berakhirnya laga kami sebenarnya ingin menahan, namun sebuah umpan silang akhirnya bisa dimanfaatkan. Saya ucapkan selamat buat Malaysia, meskipun ini cukup sulit,” tegas Simon McMenemy.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia jadi juru kunci Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G. Garuda mengumpulkan nol angka dari 1 laga, dan berada di bawah Malaysia (3 poin), Vietnam, Thailand (1 poin), hingga Uni Emirat Arab (UEA) yang belum bertanding.

Di partai lainnya, Thailand dan Vietnam bermain imbang 0-0. Berlangsung di Stadion Thammasat, skuad asuhan Akira Nishino harus puas berbagi poin. Sementara itu, Uni Emirat Arab belum melakoni pertandingan.

Dua hasil tersebut membawa Malaysia bercokol di peringkat pertama dengan poin 3. Disusul Thailand dan Vietnam di posisi dua dan tiga dengan satu poin. Adapun Uni Emirat Arab (UEA) dan Indonesia berada di urutan 4 dan lima dengan nol poin.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Thailand pada gameweek kedua, Selasa (10/9) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Satu pertandingan lainnya di Grup G akan mempertemukan Malaysia kontra Uni Emirat Arab. (blc/tir)

Berikut Hasil Pra-Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G

Indonesia vs Malaysia 2-3
Thailand vs Vietnam 0-0

Klasemen Pra-Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G
Tim Main Menang SG Poin
Malaysia 1 1 +1 3
Thailand 1 0 +0 1
Vietnam 1 0 +0 1
UAE 0 0 +0 0
Indonesia 1 0 -1 0

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY