Yangon (medanbicara.com)- Bali United dipastikan out dari ajang Piala AFC 2018, setelah di babak grup tumbang dengan skor 2-3 dari Yangon United di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (11/4/2018) sore.
Sempat unggul 2-0, Ilija Spasojevic dkk tak bisa mempertahankan keunggulan. Bali United membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan 11 menit. Berawal dari Ricky Fajrin yang merangsek masuk ke kotak penalti tim tuan rumah, bek kiri Serdadu Tridatu itu melepaskan umpan silang kepada Ilija Spasojevic yang tidak terkawal di depan gawang.
Bola yang tak sempat dihalau kiper Yangon United, San Sat Naing, mendarat di kepala Spasojevic. Dengan mudah pemain naturalisasi Indonesia itu menjebol gawang tim tuan rumah.
Berusaha untuk terus menekan, Bali United berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-36 melalui gol yang dicetak Sukarja. Berawal dari umpan panjang kiper Bali United, Made Wardhana, Ilija Spasojevic melakukan duel udara dan berhasil mengarahkan bola kepada Sukarja yang berlari dan langsung mencolok bola melewati bek Yangon United.
Dengan tembakan keras mendatar ke sudut bawah tiang jauh, Sukarja berhasil menjebol gawang Yangon United. Keunggulan 2-0 itu hampir saja menutup babak pertama seandainya Yangon United tak memperkecil kedudukan.
Pada menit ke-44, Yangon United membuat kedudukan menjadi 1-2. Berawal dari permainan satu dua yang dilakukan bersama Kousuke Uchida, Maung Maung Lwin berhasil menjebol gawang Bali United dari jarak dekat.
Yangon United berusaha menambah tekanan di babak kedua. Upaya itu membuahkan hasil pada menit ke-58 setelah striker asal Nigeria, Emmanuel Ikechukwu, menjebol gawang Made Wardhana setelah dengan susah payah melewati empat pemain Bali United.
Tim tuan rumah berhasil comeback pada menit ke-73 melalui gol yang dicetak striker asal Guinea, Sekou Sylla. Memanfaatkan umpan dari Maung Maung Lwin, striker bernomor punggung 15 itu berhasil melakukan sontekan bola dengan mudah untuk mengoyak jala gawang Bali United.
Hingga pertandingan usai, tak ada tambahan gol tercipta dan Bali United harus pulang tanpa poin dari Yangon. Hal ini membuat Bali United tetap di peringkat kedua dengan lima poin, tertinggal tujuh poin dari Yangon United yang sudah mengemas 12 poin setelah kemenangan ini.
Kekalahan ini juga membuat kans Bali United untuk lolos ke fase selanjutnya benar-benar tertutup. Dengan hanya satu laga tersisa kontra Global Cebu di Gianyar, Bali United sudah tak mungkin mengejar perolehan poin Yangon United yang menjadi juara grup. Sementara untuk menjadi runner-up terbaik pun Bali United sudah tak bisa mengejar perolehan tim-tim di Grup H yang masih berpotensi lolos sebagai runner-up terbaik, seperti Persija Jakarta, Song Lam Nghe An, maupun Johor Darul Ta’zim.(blc/indra)

Susunan pemain:

Yangon United (4-4-2): San Sat Naing (kiper); Thein Zaw, Nan Wai Min, Kekere Moukailou, Min Kyaw Khant (belakang); Kyaw Zin Oo, Yan Lin Aung, Kousuke Uchida, Maung Maung Lwin (tengah); Emmanuel Ikechukwu, Sekou Sylla (depan)
Pelatih: Myo Min Tun

Bali United (4-4-2): Made Wardhana (kiper); Demerson Bruno Costa, Dias Angga Putra, Ahn Byung-keon, Ricky Fajrin (belakang); Fadhil Sausu, Gede Sukadana, Irfan Bachdim, Hanis Saghara Putra (tengah); Ilija Spasojevic, Sukarja (depan)
Pelatih: Widodo Cahyono Putro

TIDAK ADA KOMENTAR