Plt Wali Kota Berharap Kepedulian Kebersihan Lingkungan Selalu Ditingkatkan

MEDAN (medanbicara.com)-Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh aparatur dan lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan peka terhadap kebersihan lingkungan masing-masing. Dengan demikian, Kota Medan yang tercinta ini akan dapat bersih dan bebas dari sampah.

Demikian disampaikan Plt Wali Kota Medan dalam acara peluncuran Gerakan Aparatur Bersepeda (Grabs) Kecamatan Medan Deli di halaman depan Kantor Camat Medan Deli, Kamis (21/11). Acara yang turut dihadiri Kabag Tapem Setdako Medan, Rasyid Ridho, Camat Medan Deli, Feri Suheri, lurah, kepala lingkungan, dan petugas petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) di wilayah Kecamatan tersebut diawali dengan apel bersama.

Dalam arahannya, Plt Wali Kota mengatakan, jumlah penduduk Kota Medan dan para pendatang kurang lebih sebanyak 3 juta jiwa yang akan menghasilkan sekitar 2000 ton sampah perharinya. Banyaknya masyarakat yang masih membuang sampah sembarang ke tanah-tanah kosong, parit, sungai membuat Kota Medan menjadi jorok.

“Mewadahi sampah itu akan membuat pekerjaan pengangkutan sampah menjadi efektif dan efisien. Selain itu, wadah itu membuat sampah menjadi tidak berserak serta tidak menganggu pemandangan dengan begitu kita mampu meningkatkan kualitas kebersihan Kota Medan,” jelas Akhyar.

Menurut Plt Wali Kota, saat ini Pemko Medan tengah fokus terhadap kebersihan Kota Medan karena hal ini tidak tergantung oleh siapapun melainkan diri mereka sendiri. Plt Wali Kota juga menyatakan bahwa tidak mungkin mimpi besar lainnya dapat terwujud jika hal sesederhana membuang dan mewadahi sampah saja tidak mampu dilakukan.

“Kenapa saya fokus pada hal ini, karena hal ini tidak tergantung kepada orang lain melainkan dari diri kita sendiri. Mustahil kita dapat mengerjakan yang lain kalau hal kecil seperti ini saja tidak bisa kita lakukan. Omong kosong kita mampu mewujudkan mimpi yang tinggi kalau hal ini saja kita tidak bisa mewujudkannya,” tegas Plt Wali Kota.

Berkaitan dengan itu, Plt Wali Kota juga mengharapkan agar kepala lingkungan (kepling) dapat menjadi teladan dalam mengembangkan kepekaan dan kepedulian tehadap kondisi kebersihan ini. Karena itu, kepling harus senantiasa berada di tengah masyarakat guna memberikan keteladanan yang baik dan menjadi ujung tombak Pemko dalam menyukseskan program-program pembangunan.

“Saya mengajak seluruh aparatur Pemerintah Kota Medan, disamping tugas pokok dan fungsi yang telah ditetapkan ada tugas bersama yang harus kita lakukan, yaitu menjaga kebersihan. Karna bersih itu sebagian dari iman, kita tentu semua telah tau tetapi sangat sulit untuk mewujudkannya,” ajak Akhyar.

Usai memimpin apel, Plt Wali Kota membagikan keranjang sampah dan botol minuman kepada petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Medan Deli. Kemudian dilanjutkan dengan melepas peluncuran Gerakan Aparatur Bersepeda. (rel/kom/RF)

Loading...

Mungkin Anda juga menyukai