CALEG GOLKAR

Aturan Tak Tertulis Saat Bepergian dengan Pesawat Terbang, Apa Saja?

Medan (medanbicara.com)-Musim liburan sekolah sebentar lagi tiba. Tak ada salahnya jika Anda mulai menyusun rencana liburan bersama anak-anak Anda. Berlibur bisa jadi salah satu bentuk apresiasi kepada anak-anak yang sudah belajar di sekolah selama ini.

Jika anak-anak Anda sebelumnya belum pernah merasakan bepergian menggunakan pesawat terbang, mungkin sekaranglah saatnya. Anda bisa membeli tiket dengan mudah lewat Traveloka. Ada banyak maskapai yang bisa jadi pilihan, mulai dari Susi Air, Garuda Indonesia, dan laoninnya.

Bepergian naik pesawat terbang, apalagi baru pertama kali, tentu akan memberikan pengalaman tersendiri. Selain itu, Anda juga perlu memberi tahu beberapa aturan-aturan tak tertulis saat menggunakan pesawat terbang. Apa saja ya kira-kira?

  1. Bersabar saat Antrian

Saat naik pesawat, seringkali terdapat antrian panjang di pintu masuk pesawat atau saat proses pemeriksaan keamanan. Sebaiknya kita bersabar dan menghormati proses ini, mengikuti petunjuk petugas, dan tidak mendorong-mendorong atau menyela antrian.

  1. Jaga Etika di dalam Pesawat

Ketika berada di pesawat, kita harus menjaga kesopanan dan memperhatikan ruang pribadi penumpang lain. Hindari mengganggu penumpang sebelah, seperti menempelkan kaki pada sandaran kursi atau mengobrol dengan suara yang terlalu keras.

  1. Perhatikan Kapasitas Bagasi

Pastikan untuk mematuhi batas berat dan ukuran bagasi yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan. Hal ini akan membantu menjaga keteraturan di dalam pesawat dan memastikan bahwa semua penumpang memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan bagasi mereka.

  1. Gunakan Earphone

Jika ingin mendengarkan musik atau menonton film selama penerbangan, gunakan earphone atau headphone. Hal ini akan menghindarkan penumpang lain dari suara yang mengganggu dan menjaga suasana tenang di dalam kabin.

  1. Hormati Kru Penerbangan

Kru penerbangan bekerja keras untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama penerbangan. Menghormati mereka dengan mengikuti petunjuk mereka dan merespons dengan sopan ketika diminta. Jangan menganggap mereka sebagai pelayan pribadi, tetapi sebagai profesional yang menjalankan tugas mereka.

  1. Jaga Kebersihan

Penting untuk menjaga kebersihan di dalam pesawat. Gunakan tempat sampah yang disediakan untuk membuang sampah dan berusaha tidak menyebabkan kotoran atau tumpahan yang tidak perlu. Kita semua bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan bersama.

  1. Menghormati Penumpang Dengan Kebutuhan Khusus

Jika ada penumpang dengan kebutuhan khusus di sekitar kita, berikan perhatian dan bantu jika diperlukan. Berikan prioritas kepada mereka dalam situasi yang memerlukan, seperti saat boarding atau keluar dari pesawat.

  1. Batasi Penggunaan Gawai

Meskipun beberapa maskapai memungkinkan penggunaan gawai selama penerbangan, sebaiknya kita tetap membatasi penggunaan gawai. Mengurangi kebisingan dan menghindari gangguan dengan sesama penumpang adalah tanda penghargaan terhadap kenyamanan bersama.

  1. Bersiaplah dengan Kedatangan dan Keberangkatan

Saat pesawat telah mendarat, sebaiknya kita tetap duduk sampai lampu sabuk pengaman mati dan petugas memberikan instruksi. Begitu juga saat boarding, hadir di waktu yang tepat dan siap untuk keberangkatan agar tidak memperlambat proses.

  1. Bersyukur dan Menghargai

Terakhir, selalu bersyukur atas keselamatan dan kenyamanan selama penerbangan. Menghargai upaya para kru penerbangan dan penumpang lainnya dalam menjaga suasana yang baik adalah sikap yang patut kita tunjukkan.

Aturan-aturan tak tertulis ini membantu menciptakan pengalaman naik pesawat yang lebih menyenangkan dan nyaman bagi semua penumpang. Dengan mematuhi aturan-aturan ini, kita dapat menjaga rasa saling menghormati dan berkontribusi pada suasana yang positif di dalam pesawat.

Selain itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui tips-tips yang perlu dilakukan bagi orang-orang yang baru pertama kali naik pesawat. Supaya, perjalanan liburan Anda bisa tetap aman dan menyenangkan. Simak beberapa tipsnya berikut ini:

  1. Pakai Pakaian yang Nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan iklim di tujuan Anda. Pilih pakaian yang mudah dilepas atau dipasang kembali jika Anda perlu melewati pemeriksaan keamanan. Juga, ingatlah bahwa suhu di dalam pesawat bisa berubah-ubah, jadi bawa pakaian hangat jika diperlukan.

  1. Tetap Tenang dan Santai

Penerbangan bisa menjadi pengalaman yang menegangkan bagi beberapa orang, terutama bagi yang pertama kalinya. Cobalah untuk tetap tenang dan santai selama penerbangan. Gunakan teknik pernapasan atau mendengarkan musik untuk membantu mengurangi kecemasan.

  1. Perhatikan Pengumuman dan Instruksi

Selama penerbangan, perhatikan pengumuman dan instruksi dari kru penerbangan. Mereka akan memberikan informasi tentang keamanan, pencahayaan, penggunaan peralatan, dan instruksi lainnya yang penting untuk keamanan dan kenyamanan Anda.

  1. Menggunakan Sabuk Pengaman

Pastikan Anda selalu menggunakan sabuk pengaman Anda selama penerbangan. Sabuk pengaman harus diikat selama lepas landas, mendarat, dan ketika pesawat berada dalam turbulensi.

  1. Nikmati Perjalanan

Akhirnya, cobalah untuk menikmati perjalanan Anda! Penerbangan adalah pengalaman yang menakjubkan, jadi manfaatkan waktu Anda untuk bersantai, menikmati pemandangan dari jendela, atau menikmati hiburan yang disediakan oleh maskapai penerbangan.

Jadi, kira-kira sudah yakin untuk mengajak anak-anak Anda berlibur menggunakan pesawat di liburan sekolah kali ini? Tak perlu bingung, semua kebutuhan berlibur bisa Anda dapatkan di Traveloka. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan fitur easy reschedule dan refund, jika ada hal mendadak yang memaksa Anda mengubah jadwal liburan bersama anak-anak.(*/red)

Mungkin Anda juga menyukai