Bupati saat meninjau Embung dan disambut warga. (ist)
Loading...

KARO (medanbicara.com)-Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH didampingi Asisten I Pemerintahan, Drs Suang Karo Karo, Ir Nasib Sianturi Msi, Kadis DPMD, Abel Tarawai Tarigan, Kadis Pertanian Sarjana Purba, Kadis Peternakan, Metehsa Purba, meninjau Embung di Desa Talimbaru Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo, Senin (4/3/2019).

“Warga antusias menyambut hangat kedatangan Bupati Karo bersama rombongan, karena kami tidak menyangka bupati begitu menunjukkan kearifan lokalnya, menyapa kami dengan mengenakan pakaian dari sawah dan menyalami warga satu per satu, tanpa risih walaupun tangan kami masih kotor karena baru pulang dari sawah,” ujar warga, Abel Br Barus diamini Dapit Br Tarigan.

Abel Br Barus menambahkan, sangat senang dan rindu serta terharu akan kedatangan seorang bupati, karena sudah puluh tahun belum pernah ada Bupati Pemkab Karo datang ke desanya.

“Jujur Pak, kami salut. Apa yang saya sampaikan ini bukan mengada-mengada, ini murni dari hati kami, karena kami jarang melihat sosok seorang Bupati, ternyata hari ini saya seperti bermimpi bisa bertemu dengan Bupati yang merakyat menjunjung kearifan lokal,” katanya

Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH mengapreisasi Desa Talimbaru sudah selesai pembangunan Embung melalui program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD), sesuai target, hal ini sekaligus mendorong suatu desa menjadi andalan untuk objek wisatanya selain memenuhi program P3MD.

Selesainya Embung ini, Dinas DPMD Karo akan menjadwalkan kapan bisa dilaunching, agar dapat dipergunakan sesuai fungsinya. Selanjutnya, tata apa yang bisa ditata sekeliling Embung ini, agar lebih menarik sebab ini juga bisa andalan tempat wisata desa dan bisa dikelola melalui Bumdes.

Menurutnya, kepada Kadis Perikanan tolong kordinasikan bersama kepala desa agar sekembali dari lokasi sudah diajukan permohonan surat dari desa agar diadakan penaburan benih ikan ke dalam Embung.

Kades Talimbaru Kec Barusjahe, Ferianto Tarigan menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Karo bersama rombongan sudah meluangkan waktu, melihat dan berjumpa dengan warganya serta memberikan arahan dan masukan terkait selesainya pembangunan Embung.

“Untuk itu, kami berharap Bupati Karo dapat menjadawalkan sesuai waktu beliau, dalam rangka melaunching peresmian Embung ini, sebab pembangunan Embung ini dilakukan melalui Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) dengan sumber dana APBN tahun 2018 dengan biaya Rp270.000.000. Dengan lokasi volume panjang 60 m, tinggi 3,5 m,” sebutnya.

Selain itu, masa waktu pelaksanaan pekerjaan sejak 30 April 2018 sampai dengan 19 September 2018 dengan pelaksana TPK (tim pengelola kegiatan) Embung Talimbaru.

Abel Tarawai Tarigan, Kadis DPMD mengatakan ke depan konsep sudah disiapkan, agar di pinggir Embung ini akan ditata ulang dengan cara menanami bunga sekitar Embung dan tempat duduk santai dekat Embung.

Lanjutnya, dalam penataan ini akan disampaikan ke desa agar menggunakan dana desa, selain itu akan mengajukan ke pihak propinsi maupun tingkat pusat, agar dapat dikucurkan dana dalam pembenahan penataan sekitar lingkungan Embung.

Kadis Perikanan, Metehsa Purba mengatakan, dinasnya siap membantu akan menabur bibit ikan jika kepala desanya sudah ajukan permohonan.

“Atas permohonan ini kita pelajari nantinya seberapa banyak bibit ikan yang dibutuhkan dan kita cocokkan dengan kondisi bibit ikan yang tersedia,” pungkasnya. (ita)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY