Pemko Tanjung Balai Bersiap Menuju Kota Smart City

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjung Balai, Walman Riadi P Girsang

TANJUNGBALAI (medanbicara.com)-Sebagai bahan landasan dalam menindaklanjuti pengelolaan sumber daya informasi yang lebih efisien, dan tepat untuk masyarakat, perlu dilakukan pembinaan dan sosialisasi Smart Province di tingkat kabupaten/kota.

Hal ini juga menjadi sebuah upaya percepatan dalam mewujudkan provinsi cerdas melalui pembentukan Smart City di tiap-tiap kabupaten/kota. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjung Balai, Walman Riadi P Girsang, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, di Kantor Wali kota Tanjung Balai, Jalan Sudirman, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kamis (25/08/2022) sekitar pukul 11.30 Wib.

“Di zaman sekarang ini kita sudah dihadapkan kepada digitalisasi dan semuanya itu serba canggih. Semuanya serba canggih dan digital,” ulang Kadis Kominfo lagi.

“Untuk mengantisipasi itu maka pemerintah melalui Kominfo menyiapkan namanya Gerakan Menuju Smart City atau Gerakan Menuju Kota Pintar,” sambung Kadis Kominfo menambahkan.

Menurutnya, dari 500 kabupaten/kota saat ini sudah ada lebih dari 150 kota yang menjadi Smart City. Ke-50 kita terakhir di Tanjungbalai ini tahun lalu di 2021, ditetapkan sebagai satu dari lima puluh yang terbaru kota yang akan masuk dalam kota yang pintar,” katanya.

Kadis Kominfo menyebutkan ada 6 pilar yang menjadi dasar pelaksanaan program pengembangan Smart City sebagai perwujutan tranformasi digital yang pertama yaitu Smart Economy, kedua Smart Governance, ketiga Smart Branding, keempat Smart Society, kelima Smart Environment, dan keenam Smart Living.

“Tadi kita dengan Pak Wali Kota H Waris Tholib SAg telah membuka secara resmi acara sosialisasi program Kota Cerdas (Smart City) di SMK Negeri 5 Tanjungbalai, Jalan Sriwijaya Kamis (25/08/2020) sekitar pukul 09.00 Wib,” kata Walman Riadi P Girsang.

Pada kesempatan itu Wali Kota telah melakukan tanya jawab dengan peserta sosialisasi siswa/i SMKN 5 Tanjungbalai terkait
penggunaan teknologi informasi, khususnya penggunaan Media sosial (Medsos). (Vin)

Mungkin Anda juga menyukai