Zikir dan Tablig Akbar Bersama UAS, 10.000 Lebih Umat Muslim Tumpah di Kota Tanjungbalai

TANJUNGBALAI (medanbicara.com)-10.000 lebih Umat Muslim dari Kota Tanjungbalai serta luar daerah tumpah memadati Lapangan Alun-alun Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah (SAJR) Tanjungbalai, untuk mengikuti tausiyah Ustaz Abdul Somad (UAS), dalam acara keagamaan bertajuk Zikir dan Tablig Akbar bersama UAS, Senin pagi (19/12/2022) sekitar pukul 08:00 Wib hingga selesai.

Pemerintah kota Tanjungbalai dan masyarakat benar-benar tinggi antusiasnya menyambut kehadiran Da’i yang bernama lengkap Prof H Ustad Abdul Somad Batubara, Lc, DESA, P Hd tersebut. Terbukti dari membeludaknya para jamaah yang diperkirakan lebih mencapai 10.000 yang datang mengikuti jalannya acara dengan kompak memakai pakaian warna putih.

Walikota Tanjungbalai saat memberikan sambutan pada pembukaan tablig akbar mengucapkan selamat datang kepada UAS panggilan akrabnya sehari hari, dan menegaskan komitmennya untuk memperbaiki Kota Tanjungbalai dengan pembangunan agama.

H Waris juga mengucapkan terima kasih pada semua elemen dan berbagai pihak, khususnya warga masyarakat yang mensukseskan tablig akbar UAS di Kota Tanjungbalai.

Kedatangan UAS, kata Walikota H Waris juga menjadi sebuah kebanggaan bagi daerah dan berkah tersendiri bagi seluruh penduduk Tanjungbalai, yang dahulunya terkenal sebagai daerah penghasil Qori dan Qoriah serta banyak melahirkan para ulama besar. Waris juga mengharapkan tabligh akbar dapat semakin mempersatukan umat dan membantu perwujudan visi religius pemerintah daerah setempat.

Sementara itu, Ustaz Abdul Somad mengawali ceramahnya menyampaikan kesan kedatangannya kembali di Kota Tanjungbalai untuk ketiga kalinya, karena mendapatkan sambutan luar biasa dari Walikota Tanjungbalai H Waris Tholib. Ia menyebut Walikota Tanjungbalai sangat mencintai para ulama.

UAS juga banyak berbicara tentang sejarah keislaman melayu asal-usul daerah Kota Tanjungbalai dalam materi tausiyahnya. Adapun pokok dakwah yang disampaikannya adalah seruan serta dorongan kepada umat Islam, khususnya para orang tua di Tanjungbalai supaya mendidik putra-putrinya menjadi orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah dan Rasulnya, demi keselamatan hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Di akhir tausiyah, UAS mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Tanjungbalai yang ke-402 tahun. Ia mendoakan Tanjungbalai menjadi kota yang beriman, kota ulama, kota santri dan kota penghafal Al Qur’an.

Di sela sela acara juga dilakukan penggalangan sedekah untuk pembangunan Yayasan Mualaf Center di Tanjungbalai.

Adapun Safari Dakwah UAS ke Tanjungbalai dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kota Tanjungbalai yang ke-402 tahun.

Turut hadir dalam Tablig Akbar para unsur Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD di lingkup Pemkot Tanjungbalai, Kakan Kemenag, Ketua MUI dan para Alim Ulama.

UAS dan Walikota Waris sebelumnya makan pagi bersama di kediaman Dinas Walikota Tanjungbalai dalam acara jamuan penyambutan. UAS di Kota Tanjungbalai tampak mengenakan baju koko putih dengan serban putih beserta peci hitam songket motif tenun.

Pihak panitia dan pengamanan serta kelancaran arus lalu lintas dalam kegiatan cukup terorganisir dengan baik, sehingga membuat tablig akbar UAS di Tanjungbalai berjalan sesuai harapan dan sukses.(Vin)

Mungkin Anda juga menyukai