Balon Wakil Bupati Tapsel, Rasyid Sosok Yang Ramah & Sangat Disenangi Masyarakat

TAPSEL (medanbicara.com) – Rasyid As’raf Dongoran M.Si, maju sebagai balon wakil Bupati Tapanuli Selatan periode 2021-2026.

Sosok muda yang energi, smart, sering disapa Bang Rasyid, bukan diragukan lagi kemampuannya. Keseharian yang ramah dengan setiap orang, bahkan suka berbagi ilmu pengetahuan dengan masyarakat. “Banyak bergaul kesemua kalangan, tidak pernah melihat latar belakang,” kata salah seorang warga Alfian Harahap dijumpai di desa Sipirok, Tapsel.

Tak hanya itu, Bang Rasyid juga sangat banyak berbuat untuk kemajuan Tapanuli Selatan. “Bang Rasyid sangat kami dukung jadi Wakil Bupati Tapsel, Sudah lama dia berbuat untuk kemajuan Tapsel,” sambung H. Zukarnaen Hasibuan.

Pengalaman bidang perencanaan, pembangunan, pertanian dan perkebunan telah dijalaninya selama belasan tahun sejak bekerja di berbagai lembaga internasional.

Dalam konteks tata kelola pemerintahan maka sosok ini pernah bebrapa tahun sebagai pendamping DPRD, dan pemerintah lokal melalui sebuah program dukungan tata kelola pemerintahan baik dan bersih yang didukung Pemerintah Amerika Serikat (LGSP USAID) bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

Putra Siregar Dongoran ini juga sering dan nyaris setiap tahun di undang untuk menghadiri seminar, dan konfrensi di negara luar untuk mendengar ataupun bicara seputar tentang pelestarian lingkungan hidup atau pertanian berkelanjutan.

Terlahir dari keturunan yang berasal dari Tapanuli Selatan secara spesifik merupakan keturunan sebuah desa terpencil bernama Sihulambu pada Kecamatan Aek Bilah, atau dulunya merupakan Kecamatan Saipar Dolok Hole.

Pendidikan yang ditempuh sejak S1 dan S2, di Universitas Sumatera Utara, selalu mendapatkan beasiswa Pemerintah. Inilah sebagai indikator bahwa sosok ini termasuk cerdas dan dapat pengakuan dari akademisi dan kelembagaan, selain itu menguasai 2 bahasa asing yakni bahasa Inggris dan bahasa Prancis.

Putra pertama dari pasangan alm A Dongoran,SH yang berketurunan Aek Bilah Tapsel, dan Ibu M be Ritonga yang juga lahir di Desa Lobu Tayas yang juga desa terpencil di Tapanuli Selatan, menjadikan sosok Rasyid Assaf Dongoran merasa sangat bersemangat membangun ekonomi desa desa terpencil di seluruh Tapanuli Selatan.

Masuk partai Golkar tahun 2003 di DPD Tapanuli Tengah pada kepemimpinan Jamluddin Pohan, dan ketua KPPG Saat itu Farida br Siregar membuat sosok ini begitu punya semangat. Dan kembali aktif ber Golkar di tahun 2018 serta kemudian menjadi salah satu wakil Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara sampai saat ini.

“Saya ini bukan orang kaya raya pada harta, tapi saya orang bersemangat dan yakin bisa akrab betah dengan urusan pertanian, UKMK, industri kecil, pencegahan bencana alam,” sebut Rasyid.

“Saya ini pekerja tapi juga politisi yang berusaha konsisten dijalur keahlian,” sambungnya.

“Saya ini hobby berjalan jalan ke desa – desa, hampir seminggu tiap bulan saya turun ke beberapa desa di Tapanuli Bagian Selatan. Selain itu saya juga bertani, saya sangat cinta dan ingin pertanian Tapanuli Selatan,” beber sosok yang humanis ini. (budi aw)

Mungkin Anda juga menyukai