Bupati Labuhanbatu Selatan, H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka acara koordinasi pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa. (ist)

LABUSEL (medanbicara.com)-Bupati Labuhanbatu Selatan, H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka acara koordinasi pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa, sebagai perwujudan program ketiga nawacita presiden RI serta rekonstruksi spirit revolusi mental dalam pemberdayaan desa, Rabu (31/10/2018), di pendopo rumah dinas bupati.

Dalam sambutannya saat membuka acara, H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM mengatakan pemberian dana desa dimaksudkan untuk mendukung meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan, serta komitmen pemerintah untuk secara serius memperkuat pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal sekaligus wujud dari implementasi Nawacita.

“Untuk itu, setiap rupiah dari dana desa tersebut harus diupayakan untuk dioptimalkan pada program dan kegiatan yang produktif, sehingga mampu memberikan output dan outcome yang berkelanjutan,” kata H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

“Pemerintah senantiasa berupaya agar dana desa bisa semakin berpihak kepada masyarakat miskin. Selain itu, regulasi yang disusun pun akan menghasilkan sistem pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel sehingga tujuan pemerintah melalui pengelolaan dana desa dapat terwujud sesuai Nawacita Presiden RI,” lanjut H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Lebih lanjut, H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menjelaskan perlunya dilakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan dana desa oleh semua pihak baik dari internal pemerintah yaitu melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan eksternal pemerintah yaitu kepolisian dan kejaksaan.

H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM juga berharap agar dana desa benar-benar diawasi dan memastikan masyarakat mendapatkan informasi pembangunan dan mendorong kemandirian.

“Mari jadikan efisiensi, efektivitas, produktivitas, transparansi dan akuntabilitas sebagai landasan kita dalam mengelola dana desa untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dan mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya di kabupaten Labuhanbatu Selatan yang kita cintai ini,” ajak H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.

Acara koordinasi pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa tersebut diikuti oleh seluruh kepala desa se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sebagai narasumber adalah Kajari Labuhanbatu Selatan, Joko Wibisono, SH, MH dengan materi Mengawal dan Mengamankan Implementasi Dana Desa, Wakapolres Labuhanbatu, Kompol Anggoro Wicaksono, SH, SIK, MH dengan materi Peranan Polri dalam Pendampingan Pembangunan, Kepala BPKAD Labuhanbatu Selatan, Ahmad Zein Nasution, SAP dengan materi Sistem Pengelolaan Keuangan Dana Desa, dan Kadis PMD Ahmad Syukri Siregar, SSTP, MAP Labuhanbatu Selatan dengan materi Revolusi Mental dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Turut hadir pada acara tersebut Wabup Drs Kholil Jufri, MM, unsur Muspida, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Inspektur Kabupaten Sarbaini Harahap, SH, MAP, Ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Ny Hj Hasnah Wildan Aswan Tanjung, Camat dan Kapolsek se-kabupaten Labuhanbatu Selatan, para kepala desa se-kabupaten Labuhanbatu Selatan. (rel/eza)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY