Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Letkol Inf Yufti Senjaya yang juga pejabat Pamen Denma Mabesad, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pasca erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, Kamis (31/1/2019). (ist)
Loading...

KARO (medanbicara.com)-Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Letkol Inf Yufti Senjaya yang juga pejabat Pamen Denma Mabesad, Kamis (31/1/2019) ditugaskan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pasca erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut.

Monev diawali dengan melakukan kunjungan ke Desa Jeraya, Kecamatan Simpang Empat. Dikatakan Yufti, tugas yang didilaksanakannya selain monev melainkan juga untuk berkoordinasi selama masa transisi darurat ke pemulihan pasca erupsi.

Ia meminta agar BPBD Karo dapat menyiapkan semua data terkait kendala dan apa yang menjadi kebutuhan. Untuk dapat dilaporkan ke Kepala BNPB pusat. Dia mengaku jika dirinya ditugaskan di Karo hingga bulan April mendatang.

“Nantinya, kita akan mencocokkan dan mengklarifikasi semua data bantuan yang sudah masuk. Supaya langkah selanjutnya dapat diambil sesuai dengan rencana yang telah tersusun. Jangan saling lempar seperti daerah yang lain, dinasnya saling lempar tanggungjawab,“ ujarnya.

Namun begitu, disisi lain Yufti sangat bangga melihat langsung kondisi masyarakat Desa Jeraya. Masyarakatnya sangat ramah penuh kearifan lokal. Begitu juga dengan Kepala Desanya Ibu Johana br Sinuraya.

“Meskipun terkena dampak bencana Sinabung, masyarakatnya sangat ramah dan masih menunjukkan wajah ceria. Semangat bekerja dengan mengurus tanaman pertaniannya di ladang,” puji Yufti.

Pada kesempatan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mengapreisasi atas kedantangan perwakilan dari BNPB Pusat. Sebagai penghubung Pemkab Karo dan Pusat, ia menginginkan agar semua laporan terang benderang.

“Pihak BPBD Karo dalam membuat laporan jangan menutup-nutupi, apa yang dibutuhkan dan diminta selama beliau berada di Karo semuanya diserahkan,”ujar Bupati.

Sementara Dansatgas bencana erupsi Gunung Sinabung, Letkol Inf Rizal Taufik menuturkan pasca bencana Sinabung Kodim 0205/TK telah menugaskan 3 koramil di antaranya Danramil-04/SE, Danramil 05/PY dan Danramil-02/TP. Begitu juga dengan masalah koordinasi, Kodim 0205 /TK dan Pemkab Karo selalu melakukan komunikasi apabila ada hal-hal yang menonjol.

Turut mendampingi kegiatan ini, Kepala Bappeda, Ir Nasib Sianturi Msi, Kalak BPBD Ir Martin Sitepu, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Milala, Kabid Logistik BPBD Karo Natanael Peranginangin, Camat Simpang Empat Amsah Perangin Angin, Camat Namanteran Dwikora Sitepu, Kabid SMP Sugianta Ginting dan Kabid SD Parlindungan Gurusinga. (ita)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY