CALEG GOLKAR

Sambut Hari Kemenangan Umat Hindu Adakan Pemujaan Sembilan Hari

foto foto by byma

MEDAN(medanbicara.com)-Menyambut hari kemenangan Navha Rathri, Umat Hindu melaksanakan ritual pemujaan 9 sembilan malam, di Kuil Sri Muchandi Pillayar,Jalan Starban ,Kecamatan Medan Polonia,

Tujuan pemujaan untuk memuja dewi durga yang mempunyai kekuatan mengalahkan raksasa parakasura,yang menindas semua umat hindu dari segala kejahatan. Dihari pemujaan terakhir ini mereka menyebutnya,"wijaya Dashami", yakni ritual pemujaan melebur segala dosa dan tindak kejahatan.

perayaan devali2

Dari pantauan medanbicara.com perayaan tersebut juga dilakukan pengarakan kereta kencana. Sebelum dilepasnya kereta kencana kidung-kidung suci dibacakan,ratusan umat hindu juga memecahkan kelapa didepan kereta kencana yang sudah siap untuk dilepas. Dentuman kembang api pun terdengar menambah suasana menjadi meriah. Dalam proses ini, musik tradisi budaya hindu dilatunkan.

perayaan devali3
Arul Prasad pemilik kuil mengatakan,perayaan Navha Rathri yang nantinya diakhiri dengan hari kemenangan festival deepavali. Festival ini merupakan hari kesepuluh dalam agama hindu disebut Durshera,yakni pemotongan kepala dari raksasa yang menindas umat dari segala kejahatan,sehingga dewi durga sebagai wujud seorang ibu mengalahkan sang raksasa tersebut. Perayaan ini akan digelar diseluruh kuil yang ada diKota Medan."Biasanya diperayaan ini selalu diadakan ritual pemusnahan patung raksasa"Kata Arul Saat ditemui medanbicara.com,Sabtu(30/9).

perayaan devali4

Ditambahkan Arul,perayaan ini diadakan pengarakan kereta kencana yang diikuti ratusan umat hindu."Kita berharap kedepannya umat hindu selalu hadir dalam perayaan ini,tentunya bagi kalangan remaja muda-mudi harus mengetahui tentang filosofi dari sejarah agama hindu"tuturnya.(byma)

Mungkin Anda juga menyukai