Bupati Deli Serdang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Deli Serdang (medanbicara.com) – Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 dengan Tema “Pahlawanku Inspirasiku”, di Halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (10/11/2021), Pagi.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Deli Serdang  tersebut dilaksanakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, upacara tersebut berlangsung lancar dan khidmat.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Selamet Hidayat, Pembaca UUD 1945 Muhammad Sulthanul Ariq dan pada upacara itu dibacakan pula pesan-pesan Pahlawan oleh anggota LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kabupaten  Deli Serdang.

Upacara yang rutin digelar setiap tahunnya untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjasa untuk Negara ini dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar, Kapolres Deli Serdang  Kombes Pol Yemi Mandagi SIK,MH, Danyon 121/MK Letkol Inf Ery Partahi H Siregar, Kasdim 0204/DS Mayor Inf Toto Triyanto, Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos, Kepala PA lubuk Pakam Hj. Dian Ingrasanti Lubis, S. Ag, SH, MH, Anggota DPRD , mewakili Kajari Deli Serdang, para Pimpinan OPD, para Veteran, OKP dan para Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat serta undangan lainnya

Bupati H Ashari Tambunan pada kesempatan itu menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, bahwa  Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita–cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir bala tentara terkuat dunia.

“ Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan,” ujarnya.

Para Pahlawan kita dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan Merdeka atau Mati, jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal– usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun.

“Kita adalah anak dan cucu kandung para Pahlawan Bangsa. Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”, ucapnya.

Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Oleh karenanya, kita akan membuka kesempatan keluarga para penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari kemiskinan. Untuk itu, kita akan mengupayakan program graduasi yang sesungguhnya, melalui pendidikan vokasi. Serta peningkatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbasis peluang yang ada atau peluang yang bisa diciptakan atau minat dan bakatnya.

Selanjutnya, Bupati menambahkan, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

Usai upacara, Bupati H Ashari Tambunan, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar bersama Pimpinan OPD dan Anggota DPRD, beserta unsur FKPD, para Veteran, Ketua OKP, para Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat menuju ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Imam Bonjol Lubuk Pakam untuk melaksanakan rangkaian kegiatan upacara Ziarah Makam. Rangkaian kegiatan ditutup dengan melaksanakan tabur bunga di Makam Pahlawan. (man)

Mungkin Anda juga menyukai