Wali Kota Medan Rapat dengan Seluruh OPD, Ini Kata Bobby…

Medan (medanbicara.com)-Usai dilantik Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi atas nama Presiden RI, Joko Widodo, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM bersama Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman SE langsung melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemko Medan di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan, Jumat (26/2) sore.

Selain memperkenalkan diri, Wali Kota juga ingin seluruh OPD meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Guna mewujudkan itu, seluruh OPD harus menghilangkan ego sektoral dan harus berkolaborasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Ir Wiriya Alrahman MM dan para Asisten, Wali Kota Medan bersama Wakil Wali Kota Medan memperkenalkan diri secara langsung dihadapan para pimpinan OPD di Lingkungan Pemko Medan. Dikatakan Wali Kota Medan, tujuan dirinya di sini adalah untuk melayani dan memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Kota Medan. Wali Kota Medan menginginkan ke depannya agar seluruh OPD di Lingkungan Pemko Medan mempercepat pengerjaan.

“Saya ingin semua bisa saling berkolaborasi dan saling support. Saya minta ke depannya ego sektoral bisa benar-benar kita runtuhkan, agar kenyamanan dan kecepatan kerja bisa optimal dan dapat dirasakan masyarakat dalam waktu cepat. Kita mulai dari hal yang terkecil hingga akhirnya nanti bisa kita kerjakan yang lebih besar lagi ked epannya secara berkesinambungan,” kata Wali Kota Medan.

Terkait penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) di Kota Medan, Wali Kota Medan menegaskan bahwa para OPD harus saling berkolaborasi dalam menanggulangi Covid 19 salah satunya dengan vaksinasi.

“Kita harus bergerak cepat mendata siapa saja yang masuk kedalam kategori yang akan divaksin. Saling berkolaborasi dalam mendata dan juga harus lebih aktif dalam berkolaborasi serta mencari solusi dari permasalahan yang ada. Saya menginginkan kedepannya penanganan seperti ini perlu lebih komprehensif,” jelasnya.

Sedangkan terkait perekonomian, sambung Wali Kota Medan, Pemko Medan akan fokus kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terutama UMKM tingkat kelurahan menjadi tingkat kecamatan hingga ke tingkat internasional.
“Salah satu sektor UMKM Kota Medan yang terkenal hingga tingkat nasional adalah di bidang kuliner. Maka dari itu, saya tekankan kepada dinas terkait agar bisa saling berkolaborasi. Kita harus jadikan kuliner Kota Medan bukan hanya di atas piring, tapi juga dapat dijadikan entertainment. Sebab, seluruh etnis yang ada di Kota Medan memiliki kulinernya masing-masing yang dapat ditonjolkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Sekda Kota Medan menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan Tahun 2021 sudah disahkan DPRD Kota Medan pada bulan Desember 2020. Saat ini, Pemko Medan telah menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Selain itu, kami juga telah mempersiapkan laporan keuangan yang akan diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut paling lambat pada tanggal 31 Maret. Dalam 2 tahun belakangan ini kami (Pemko Medan) juga ontime dalam penyerahan laporan keuangan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM dan Wakil Wali Kota H Aulia Rachman SE melaksanakan Salat Jumat di Masjid Musabiqin yang berada di halaman belakang Kantor Wali Kota Medan, Jumat (26/2). Orang nomor satu dan dua di Pemko Medaitu tampak sangat khusyuk saat melaksanakan salat bersama seratusan apratur sipil negara (ASN) di lingkungan Setda Kota Medan tersebut.

Kedatangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Balai Kota tepat saat azan berkumandang. Keduanya langsung diulosi sebagai ucapan selamat datang. Selanjutnya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota bergegas menuju masjid. Sejumlah ASN di lingkungan Pemko Medan tampak terkejut, sebab tidak menyangka jika Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru selesai dilantik langsung datang dan ikut Shalat Jumat bersama dengan ASN.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang mengenakan kemeja dan celana putih, selanjutnya menuju tempat wudhu. Sebelum berwudhu, petugas Satpol PP lebih dulu memeriksa suhu tubuh keduanya dengan menggunakan thermo gun. Pemeriksaan suhu tubuh ini merupakan salah satu protokol kesehatan yang diterapkan di lingkungan Pemko Medan sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Setelah membuka peci dan masker, Wali Kota selanjutnya berwudhu diikuti Wakil Wali Kota. Selesai berwudhu, keduanya pun memasuki masjid dan memilih shaf paling depan dan langsung melaksanakan shalat sunnat dua rakaat. Usai salat sunnat, keduanya pun dengan khusyuk mendengarkan khutbah Jumat yang disampaikan Al Ustadz DR H Sulidar MA selaku khatib.

Begitu khatib turun dari mimbar, Wali Kota langsung bangkit dan memberikan salam dengan membungkukkan sedikit tubuhnya sebagai bentuk penghormatan kepada khatib. Bersamaan itu muadzin pun mengumandangkan iqomah sebagai tanda Salat Jumat akan dimulai dan Al Ustadz H Muhammad Rahim MA maju untuk menjadi imam Salat Jumat.

Selesai melaksanakan Salat Jumat, Wali Kota dan Wakil Wali Kota selanjutnya meninggalkan Masjid Musabiqin didampingi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM, Kabag Humasy Arrahman Pane dan Kabag Umum Andy Syahputra menuju ruang kerja di lantai dua Balai Kota. Saat melintasi halaman tengah Balai Kota, puluhan pegawai, terutama yang berada di lantai dua menyambut gembira kedatangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru tersebut. “Selamat ya Pak Bobby, selamat ya Pak Bobby,” teriak sejumlah ASN berulangkali.

Dengan penuh ramah dan tersenyum, Wali Kota langsung menjawab teriakan tersebut sambil merapatkan kedua telapak tangannya di dada sambil sesekali melambaikan tangan. Wali Kota dan Wakil Wali Kota selanjutnya memasuki Lobi Balai Kota dan menaiki tangga menuju ruang kerja yang berada di lantai dua.(rel/kom/H)

Mungkin Anda juga menyukai