CALEG GOLKAR

Dua Pasien Diduga Idap Difteri Akan Disuntik ADS 

MEDAN (medanbicara.com)-Dua pasien yang diduga idap difteri kondisinya semakin membaik dan tidak mengalami demam. Keduanya berinisial SM (12) warga Dolok Sanggul, Humbahas dan NM (15) warga Asahan.

Kasubbag Humas Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik, Masahadat Ginting mengatakan, kedua pasien akan diberikan Anti Difteri Serum (ADS) dari Dinas Kesehatan Sumut hari ini, Jum’at (15/12.

Dikatakannya, sejak pertama masuk penanganan yang diberikan pihak medis kepada kedua pasien ini, yaitu memberikan terapi cairan dan antibiotik.

“Pemberian antibiotik termasuk salah satu penanganan medis. Selaput putih di pangkal tenggorokan pasien juga sudah berkurang dibandingkan ketika pasien masuk," katanya. Selain itu, sudah dilakukan pengambilan swab ketiga terhadap kedua pasien.

"Selama empat sampai tujuh hari terhitung sejak dikirim, kita tinggal tunggu hasil pemeriksaan swab dari laboratorium Kemenkes RI," sebutnya.

Menurutnya, kedua pasien ini akan dipulangkan, setelah hasil dari laboratorium Kemenkes RI. Terkait

kedua pasien ini, proses makan sudah melalui mulut. Menu makanan SM seperti makanan pada umumnya, sedangkan NM makanan lunak.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut melalui Kepala Seksi Bimdal Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan Sumut, Suhadi mengatakan, pihaknya hari ini mengantarkan ADS ke RS Adam Malik. "Kalau untuk penyuntikan, itu dokternya. Hari ini kita antar ADS-nya," pungkasnya. (fatimah)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai