CALEG GOLKAR

Hati-hati Jalur Mudik di Sumut Rawan Diguyur Hujan Deras, Ini Perakiraan BMKG…

MEDAN (medanbicara.com)-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memperakirakan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan deras.

Informasi prakiraan cuaca ini mencakup 63 titik di Sumut adapun wilayah tersebut diantaranya yakni mulai dari Pangkalan Brandan, Stabat, Binjai, Medan, Lubuk Pakam, Belawan, Perbaungan, Sei Rampah, Tebing Tinggi, Indra Pura, Tanjung Balai, hingga ke Torgamba.

Kemudian Lima Puluh, Kisaran, Serbelawan, Pematang Siantar, Prapat, Sibolangit, Berastagi, Kabanjahe, Merek, Sipirok, Padang Sidempuan, hingga ke Natal dan Muara Sipongi serta Kepulauan Nias.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan kepada wartawan Rabu (29/5) mengatakan, untuk kondisi cuaca diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Kondisi ini merata di seluruh wilayah, masyarakat diharapkan mewaspadai dampak yang ditimbulkan," tandasnya.

"Prakiraan cuaca ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang menggunakan jalur transportasi darat mengenai kondisi cuaca," ujarnya.

Sementara, Polrestabes Medan menyatakan siap menjaga rumah warga yang ditinggal kosong saat mudik Hari Raya Idul Fitri nanti.

Hal ini disampaikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto saat mengikuti zikir akbar di Masjid Al Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan, Kamis (30/5).

"Kami imbau kepada masyarakat yang pulang kampung yang meninggalkan tempat tinggalnya, kami siap untuk menjaga dan mengawalnya," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Dadang, pihaknya terus melakukan silaturahmi untuk mewujudkan harapan Kota Medan yang aman dan kondusif.

"Kita tahu saat setelah Pemilu ada perbedaan pendapat namun harus kita sikapi dengan kepala dingin. Jaga persatuan dan kesatuan," ungkapnya.

"Kita tidak ingin perbedaan menjadi terpecah belah. Saat ini keamanan dan ketertiban yang didukung pemerintah daerah dan TNI serta seluruh masyarakat kedepan berharap situasi semakin baik," sambungnya.

Acara zikir bersama turut dihadiri Walikota Medan T Zulmi Eldin, Dandimtabes 0201/BS Kol Yudha Rismansyah, Dandempom I/5 Medan Letkol Cpm Anggun Hendripriyantoro.

Al Ustadz H Al Hasby Mawardi, Sekda Kota Medan, Pengurus Yayasan Masjid Al Jihad dan Pengurus Bkm Al Jihad, Camat se-kota Medan, alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh agama serta jemaah masjid Al Jihad. (raw)

Mungkin Anda juga menyukai