Bupati Asahan Launching Pelayanan Adminduk di Kecamatan Buntu Pane

KISARAN (medanbicara.com) – Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Asisten Pemkesra Buwono Prawana SIP, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaunching Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Aula Kantor Kecamatan Buntu Pane, Selasa (13/12/2022).

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Asahan Rahmanto SSos MSi melaporkan, tujuan layanan Adminduk sebagai bentuk perpanjangan tangan Disdukcapil Asahan, di kecamatan ditunjuk. Layanan juga berfungsi mendekatkan pelayanan admnistrasi kependudukan bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat rentan administrasi kependudukan karena berdomisili jauh dari pusat pelayanan. Dikatakan, target penyebaran layanan adminduk dilakukan pada empat titik hingga tahun 2026.

“Sebelumnya telah dilakukan penempatan titik layanan adminduk di Kecamatan Pulau Rakyat, mengcover enam kecamatan yakni Pulau Rakyat, Aek ledong, Aek Kuasan, Bandar Pulau, Aek Songsongan dan Rahuning,” jelasnya seraya berharap penempatan titik layanan baru di Buntu Pane dapat mengcover kebutuhan layanan Adminduk bagi Kecamatan Buntu Pane, Tinggi Raja, Setia Janji dan Bandar Pasir Mandoge.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahan Bupati Asahan menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Indentitas Anak (KIA) secara simbolis disaksikan Camat Buntu Pane, Tinggi Raja, Setia Janji, Bandar Pasir Mandoge, Forkopimcam Buntu Pane dan undangan.Bupati mengatakan, penempatan titik layanan di Kecamatan Buntu Pane ini bukan tanpa alas an. Pihaknya telah melakukan kajian mendalam terkait efektifitas dan efisiensi proses pelayanan dilakukan.

Mulai dari pertimbangan jarak tempuh ke titik pusat pelayanan di Kota Kisaran, dukungan sarana prasarana jaringan listrik dan internet dibutuhkan proses pelayanan, hingga kompetensi aparatur akan melakukan pelayanan kepada masyarakat.(YA)

Mungkin Anda juga menyukai