Bupati Asahan Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Wilayah

KISARAN (medanbicara.com) – Bupati Asahan H. Surya, BSc memimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Asahan, Kamis (17/11/2022). Kegiatan yang digelar di Halaman Polres Asahan tersebut turut dihadiri Kapolres Asahan, Dandim 0208/Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Kajari Asahan, Mewakili Danlanal TBA, OPD, serta jajaran Polres Asahan.

Bupati mengatakan belakangan ini sebagian wilayah Kabupaten Asahan dilanda banjir. Itu disebabkan tingginya curah hujan khususnya di wilayah hulu Kabupaten Asahan. “Curah hujan yang tinggi ini masih berpotensi turun sebagaimana prediksi BMKG curah hujan masih akan tinggi sampai bulan Januari 2023. Untuk itu perlu dilakukan langkah pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan menghadapi dampak cuaca ekstrim dan curah hujan berlebih saat ini sebagai langkah pengurangan risiko bencana,” katanya.

Selanjutnya Bupati mengatakan, telah menginstruksikan seluruh Camat dan Kepala Desa/Lurah agar meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi segala kemungkinan terjadi. “Kita perlu terus menggalakkan gotong royong, membersihkan saluran air maupun drainase mengalami penyumbatan, sehingga air mengalir lancer. Posko tanggap bencana di setiap Desa/Kelurahan maupun Kecamatan perlu dibentuk. Mendayagunakan partisipasi masyarakat serta kearifan lokal dan meningkatkan koordinasi dengan Forkopimcam maupun Stakeholder terkait dalam upaya penanggulangan bencana,” pesannya.(YA)

Mungkin Anda juga menyukai