23 TKI  Ilegal Menuju Malaysia Diamankan dari Kapal Kayu, Pengakuannya Kena Tipu

Tanjungbalai (medanbicara.com)- 23 TKI  ilegal yang akan diberangkatkan menuju ke negeri jiran Malaysia diamankan  berdasarkan info dari  intelijen maritim TNI AL (Tim Fleet One Quick Response F1QR), yang melaksanakan pengintaian dan penyisiran di sekitar Perairan Bagan Asahan hingga Perairan Silau Baru, Senin (14 03/2022) sekitar pukul 22.00 Wib.

“Pada pukul 03.30 Wib dini hari Selasa Satgas memantau ada kapal kayu yang  melintas dengan penumpang melebihi kapasitas, lalu dilakukan penindakan oleh team F1QR dengan melaksanakan JARKAPLID (Pengejaran Penangkapan dan Kemudian Penyelidikan),” kata Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, dalam konferensi pers di Makolanal TBA, Jalan Sungai Berombang Asahan Mati, Kabupaten Asahan sekitar pukul 11.00 Wib.

Menurut Sebayang, anggota berhasil mengamankan kapal kayu tanpa nama dengan membawa penumpang dan tekong  serta ABK kapal tanpa nama, yang diduga akan melaksanakan penyeberangan ke Malaysia secara ilegal.

Dalam hasil permeriksaan didapat tenaga kerja ilegal yang akan di berangkatkan ke Malaysia terdiri dari 11 perempuan 12 Laki laki serta 1 tekong 3 ABK, jumlah keseluruhanya ada 27 orang di  Kapal Motor ( KM) tanpa nama.

Sementara itu salah satu TKI ilegal yang bernama Dina ( 22)  saat dimintai keterangannya mengatakan, mau ke Negeri Jiran karena sulitnya mencari pekerjaan di tempatnya tinggal.

“Saya tidak tau kalau saya sudah ditipu sama agen, uang saya sudah habis Rp5 juta untuk keberangkatan saya ke negeri jiran Malaysia  tersebut dan saya bersyukur karena TNI AL sudah berhasil menyelamatkan kami semua ini,” tutupnya. (Vin)  

Mungkin Anda juga menyukai