Mahasiswa UINSU nampak bereuforia usai di wisuda di halaman Biro Rektor UINSU, Rabu (11/4)/ ekofitri

-UINSU Menuju World Class University-

MEDAN (medanbicara.com)-Berbagai hal di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) terus diperbaiki. Mulai dari perbaikan fisik kampus, atmosfir akademik, internasionalisasi hingga digitalisasi yang terus mengalami perkembangan pesat saat ini. Perbaikan tersebut sebagai upaya untuk memperoleh akreditasi A dan menuju World Class University atau perguruan tinggi kelas dunia.

“Kita berupaya meningkatkan segala kemampuan dan mengupgrade potensi untuk menyongsong era kompetisi global. Karena, dinamika kompetisi global menuntut kita untuk mampu berkiprah dan bersaing menjadi kampus kelas dunia,”ungkap Rektor UINSU, Prof Dr Saidurrahman dalam pidato wisuda sarjana UINSU ke 67 di kampus II UINSU, jalan Williem Iskandar V, Medan Estate, Rabu (11/4/2018).

Dikatakan Prof Saidurrahman, dari segi fisik pihaknya telah membangun beberapa gedung yang dibantu oleh ketua dewan penyantun, H Anif. Diantaranya, gedung kuliah di kampus I  dan saat ini sedang dilakuka  revitalisasi bangunan Ex Tarbiyah untuk aktivitas kuliah. Nantinya, kampus I akan dilengkapi dengan wisma syariah yang merupakan bantan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Di kampus II, jalan Williem Iskandar, UINSU juga memperoleh gedung kuliah yang berasal dari dana DIPA APBN UINSU 2017 yang saat ini dipergunakan oleh  Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Di kampus II juga akan dibangun gedung bertingkat enam yang pendanaannya berasal dari daa Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN),”sebutnya.

Selain itu sebutnya, di kamlus III jalan Pondok Surya, UINSU melakukan revitalisasi aset dengan menjadi pusat inkubasi bisnis yang dipelopori Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Sedangkan, di kampus IV, Tuntungan, akan segera dibangun kampus terpadu yang merupajan bantuan dari Islamic Development Bank (IsDB).

Prof Saidurrahman mengatakan, dari segi internasionalisasi, UINSU telah melakukan sejumlah program konkrit, mengingat internasionalisasi menjadi hal yang wajib dilakukan ditengah persaingan global. Saat ini, beberapa bentuk kerjasama dengan pihak luar negeri terus dilakukan, baik universitas setingkat Asia Tenggara seperti, Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunai Darussalam.

Ditingkat Asia katanya, juga dilakukan kerjasama seperti, Tokyo, Turki, Azerbaijan, Arab Saudi dan lainnya. Tidak hanya itu, kerjasama dengan kampus Eropa juga dilakukan seperti, Amerika, Australia, Kentucky University,   Harvard University, Leiden University, Hamburg University, New Castle University dan lainnya.

“Proses internasionalisasi juga dilakukan dengan mencanangkan kelas bertaraf internasional. Setiap fakultas dilingkungan UINSU diharapkan mempunyai kelas unggulan yang bersifat internasional. Insya Allah, seluruh mahasiswa UINSU akan diasramakan selama setahyb dengan Tea program (tahfiz, english, dan arabic) di Ma’had Jami’ah UINSU, Tuntungan tahun 2020,”sebut Prof Saidurrahman.

Kemudian lanjutnya, dari segi digitalisasi pihaknya memperbaiki sistem akademik dan administrasi melalui digitalisasi. Dimana, pembayaran sumbangan pendidikan dilakukan secara online. Begitu juga dengan pengurusan Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS).

“Sistem kehadiran dosen di kelas juga sedang berproses dengan sistem digital. Dalam waktu dekat, UINSU akan mampu menjadi universitas yang terkoneksi denga sistem jaringan perguruan tinggi luar negeri secara efektif,”ujarnya.

1.252 Mahasiswa Di Wisuda

Sementara itu, Wakil Rektor I UINSU yang juga Ketua Panitia wisuda, Prof Syafaruddin menyebutkan, ke 1.252 mahasiswa yang di wisuda terdiri dari, Pascasarjana S3 sebanyak 43 orang, Pascasarjana S2 sebanyak 170 orang, Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan 484 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum sebanyam 182 orang, Fakuktas Dakwah dan Komunikasi 75 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 223 orang dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam sebanyak 75 orang.

“Acara wisuda dibagi dua sesi yaitu, sesi pertama akan dilaksanakan pukul 07.30 wib sampai dengan pukul 12.00 wib. Kemudian, pada sesi keda akan dilaksanakan pukul 13.30 wib sampai dengan pukul 16.00 wib,”sebutnya.

Turut hadir pada acar wisuda, Gubsu, T Erry Nuradi dan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Selain wisuda, malam nanti, Rabu (11/4/2018) akan digelar acara Mengaji (mengasah jati diri) Indonesia di kampus I, jalan Sutomo Ujung, Medan. (eko fitri)

 

TIDAK ADA KOMENTAR