Loading...

KARO (medanbicara.com) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo mulai sortir dan lipat kertas suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Senen (25/02/2019).

Kasubbag Umum KPUD Karo, Ahmad Jhon Sikumbang kepada sejumlah wartawan mengatakan pelipatan kertas suara sejumlah 1.433.997 lembar termasuk cadangan yang 2 persen sesuai dengan ketentuan.

“Pelipatan kertas suara ini melibatkan pihak ketiga. Kemudian kabarnya pihak ketiga tersebut mempekerjakan masyarakat sekitar seperti kelompok perwiritan berjumlah puluhan orang setiap harinya,” beber Sikumbang tanpa menyebutkan nama perusahaan pihak ketiga yang dimaksud.

Dikatakan Sikumbang lagi, bahwa untuk pelipatan kertas suara ini direncanakan selesai selama 14 hari. Untuk hari minggu diliburkan.

“Pekerjaan pelipatan kertas suara dan penyortiran dibawah pengawalan pihak keamanan dari Polres Tanah Karo. Untuk sementara dari dua hari mulai dari hari Jumat, Sabtu dan Senin ini, pelipatan surat suara sudah ditemukan 22 lembar yang rusak,” jelas Sikumbang.

Sikumbang menambahkan jika surat suara yang sudah diterima masih surat suara untuk DPRD Kabupaten, DPRD Propinsi dan DPR RI. Sementara surat suara untuk Presiden dan DPD belum dapat dipastikan kapan akan sampai di Kabupaten Karo.

Untuk kelengkapan yang lainnya seperti perlengkapan bilik suara dan kotak suara sudah juga sudah mulai dikerjakan.

“TPS kita awalnya sebanyak 1.110 TPS. Sekarang sudah bertambah menjadi 1.141 TPS. Diperkirakan sementara 5 kotak suara untuk satu TPS. Jadi kita butuh sekitar 5.705 kotak suara. Yang sudah sekarang ini 5.345 kotak suara. Kekurangan sejumlah 360 kotak suara yang masih dalam pengusulan,” jelas Sikumbang.(anita)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY