Asimilasi Covid-19 Diperpanjang, Lapas Lubuk Pakam adakan Sosialisasi

Deli Serdang (medanbicara.com) -Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuk Pakam Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara adakan sosialisasi asimilasi Covid – 19 (Asimilasi di rumah) pada Rabu, 11 Januari 2023.

Adapun tujuan dari kegiatan ini sebagai pemenuhan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam hal Asimilasi (pembauran dan pengembalian) mantan Narapidana kembali ke masyarakat. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Perundang – Undangan yakni Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-186.PK.05.09 Tahun 2022 Tentang Penyesuaian Jangka Waktu Pemberlakuan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 yang mana telah sesuai dengan Permenkumham No. 43 Tahun 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Lapas Lubuk Pakam ini mendapat sambutan baik dari seluruh WBP yang berada di Lapas Lubuk Pakam. Dalam sosialisasi ini terlihat Kalapas Lubuk Pakam, Alanta Imanuel Ketaren, dan beberapa pejabat struktural lainnya turut hadir dalam kegiatan ini. Alanta menegaskan bahwa program asimilasi di rumah tidak dipungut biaya karena asimilasi merupakan hak absolut setiap warga binaan yang memenuhi persyaratan sesuai dengan regulasi yang ada.

Sedangkan Kasi Binadik dan Giatja Edward Pahala Situmorang juga menjelaskan hal yang sama. Ia menjelaskan bahwa prasyarat (kondisi) dan syarat (administrasi) yang dibutuhkan dalam pengusulan Asimilasi di rumah sama seperti tahun- tahun sebelumnya. Dituturkannya, sebagai catatan bersama bahwa program asimiliasi di rumah ini berlaku bagi narapidana dan anak pidana dengan masa pidananya pada 30 Juni 2023 ini berada pada 2/3 pidana (bagi narapidana) dan 1/2 pidana (bagi anak pidana).

Mendengar kabar tersebut sontak seluruh WBP yang berada di Lapangan Upacara terlihat bahagia. Sebagai penutup Kalapas menghimbau kepada seluruh WBP untuk segera mengurus hal – hal yang dibutuhkan sehingga WBP dapat bertemu kembali ke keluarga. (man)

Mungkin Anda juga menyukai