Wakil Bupati Serahkan Penghargaan Kepada Pemenang Lomba Inovasi Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021

Deli Serdang (medanbicara.com) -Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar menyerahkan penghargaan berupa trophy, piagam dan hadiah kepada pemenang lomba pada acara Penganugerahan Inovasi Perangkat Daerah tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021, di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (16/12/2021).

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Balitbang Sumut Harianto Butar-butar, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD , Kabag serta Camat dan Kepala Sekolah ( Virtual).

Pada kegiatan tersebut diumumkan pemenang lomba inovasi perangkat daerah tingkat Kabupaten Deli Serdang,  Juara I dengan judul Sitakola Bos Cepak Mas Mesrah Bertuah  (Sistem tata kelola BOS Cepat tepat melalui aplikasi Menuju Sekolah Ramah Anak Bersama Masyarakat, Orangtua, dan Sekolah/Madrasah) dari Instansi Dinas Pendidikan Deli Serdang. Juara II dengan judul Gaplek Online (Gaet PAD Kabupaten Lewat Izin Online) dari Instansi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) Deli Serdang. Juara III dengan judul  Kenang Lemu ( Kenali Deli Serdang Lewat Museum )dari Instansi Disporabudpar Deli Serdang dan Juara Favorit dengan judul  Labuhan Deli Membaca dari Instansi SMP Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Dalam arahannya, Kepala Balitbang Kementerian Dalam Negeri RI Dr Drs Agus Fathoni,MSi  yang hadir secara  virtual memberi apresiasi kepada Pemkab Deliserdang yang telah melakukan kegiatan yakni memberikan penghargaan kepada Kepala OPD yang banyak melakukan inovasi.

“Inovasi merupakan jawaban atas tantangan di masa pandemi Covid-19  dan era revolusi industri 4.0 yang harus melakukan inovasi. Regulasi inovasi sudah cukup lengkap dari mulai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Permendagri dan Perpres sehingga regulasi ini dapat dijadikan daerah untuk terus melakukan terobosan dan  inovasi,” ungkap Kepala Balitbang Kemendagri

Dengan Inovasi mudah-mudahan tujuan penyelenggaraan daerah tercapai, visi misi kepala daerah juga dapat tercapai dan masyarakat yang makmur dan sejahtera juga bisa terpenuhi.

“Selamat kepada Kabupaten Deli Serdang yang telah banyak melakukan inovasi, nanti akan dilaporkan kepada mendagri untuk dilakukan penilaian dan melalui Balitbang nantinya bisa diberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang sangat inovatif,” ucap Kepala Balitbang Dr. Drs. Agus Fathoni M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar menjelaskan bahwa Pemkab Deli Serdang selama ini terus berupaya mengembangkan inovasi perangkat daerah  dan pada tahun 2021 ini, Pemkab Deli Serdang berinisiasi untuk mendorong berkembangnya inovasi perangkat daerah melalui lomba inovasi dan kedepannya diharapkan kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat luas.

“Saya mengimbau kepada kepala perangkat daerah melalui Kepala Bappeda untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pencapaian dan perkembangan inovasi yang telah ada selama ini,” ujar Wakil Bupati.

Pada kesempatan ini juga, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Utara dan tim juri yang telah bekerja keras melalui berbagai tahapan dalam menilai inovasi perangkat daerah Kabupaten Deli Serdang.Tahun 2021, sehingga tahap demi tahap rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

“Kepada Kepala Balitbang Kementerian Dalam Negeri , Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya yang telah memberikan motivasi, dukungan dan pembinaan kepada Pemkab Deli Serdang sehingga bisa mewujudkan dan mendorong perangkat daerah terus berinovasi sebagaimana penyelenggaran yang kami adakan pada hari ini,” ungkap Wakil Bupati.

Wakil Bupati mengucapkan selamat kepada pemenang lomba inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Deli Serdang , namun jangan cepat berpuas diri dengan hasil yang didapat tetapi semakin semangat  dan terus maju dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi dengan memberdayakan sumber daya yang dimiliki dan terus melakukan aktualisasi diri melalui tindakan baik dan nyata. Bagi Perangkat Daerah yang belum menjadi pemenang diingatkan untuk tetap semangat dan terus berinovasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayan publik yang lebih baik ke depannya.

Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Utara yang menjadi tim juri, Prof Dr Ir Harmein Nasution MSIE, dalam sambutannya mengatakan di era perubahan teknologi yang sangat cepat saat ini dan akan berlangsung secara kontinu maka harus melakukan inovasi di berbagai bidang khususnya bagi Pemerintah Daerah yang bertindak sebagai agen perubahan di daerahnya masing-masing. Inovasi bukanlah milik dunia bisnis dan dunia industri semata dimana dunia industri harus melakukan perbaikan design, perbaikan proses produksi teknologi dan sebagainya tetapi juga sangat diperlukan bagi Perangkat Daerah agar jalannya sistem Pemerintahan sebagai agen perubahan menjadi lebih baik, efisien dan efektif. Itulah tujuan dilakukannya peringkat Inovasi di setiap Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Pada dasarnya tujuan inovasi adalah menciptakan, melakukan perbaikan ataupun penyempurnaan dari sistem organisasi dari metode kerja teknologi maupun peralatan bahan material yang digunakan dalam berorganisasi, design kerja sudah berada pada 4.0 dimana sebagian pekerjaan bisa digunakan melalui dari rumah atau Work From Home dan sudah tuntutan zaman dan tidak bisa dihindari,” ungkapnya.

Prof Dr Ir Harmein Nasution MSIE  sangat mengapresiasi Pemkab Deli Serdang atas lomba inovasi yang dilakukan sehingga akan dapat memotivasi semua Perangkat Daerah untuk melakukan perubahan di bidang nya masing-masing dan diharapkan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan di Kabupaten Deli Serdang.

Kepala Bappeda Deli Serdang Ir Remus H Pardede dalam laporannya menjelaskan pelaksanaan lomba inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021 telah dilakukan dengan tahapan pengumpulan inovasi berjumlah 147 melalui aplikasi, kemudian dilakukan penyeleksian dan penyaringan menjadi 34 inovasi. Selanjutnya penilaian oleh Tim Juri diperoleh 12 inovasi sebagai Finalis lomba yang kemudian dilakukan penilaian kembali melalui presentasi atau paparan Kepala Perangkat Daerah.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah oleh Wakil Bupati Deli Serdang bagi pemenang lomba “DELSER IDOL” bagi ASN/Non ASN di Lingkungan Pemkab Deli serdang yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan informatika Deli Serdang, berupa trophy dan uang. (man)

Mungkin Anda juga menyukai