CALEG GOLKAR

4 Jaringan 24 Kg Sabu dari Malaysia Dituntut Seumur Hidup, Libatkan Mertua dan Menantu…

Empat dari tiga terdakwa mengikuti sidang. (eza)

MEDAN (medanbicara.com)-Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rosinta menuntut empat jaringan narkotika internasional masing-masing seumur hidup. Keempat pria itu yakni Abdul Rahman alias Bidul (65), Masdar (33), Teuku Turhamun alias Nyak (29) dan Fadhli alias Fatli (37).

Mereka dinilai JPU dari Kejati Sumut itu terbukti membawa, menyimpan sekaligus mengedarkan narkotika jenis sabu seberat 24.000 gram (24 kilogram).

“Menuntut empat terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama seumur hidup,” tandas Rosinta, di Ruang Cakra III Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (13/6/2019).

Menurut JPU, keempat terdakwa terbukti telah melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Usai mendengarkan tuntutan, keempat terdakwa melalui penasehat hukumnya memohon kepada majelis hakim agar hukuman mereka diringankan.

"Kami memohon agar hukuman para terdakwa diringankan. Mengingat keempat terdakwa bukan merupakan otak pelaku," cetus penasehat hukum keempat terdakwa. Selanjutnya, majelis hakim yang diketuai oleh Saidin Bagariang menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda putusan.

Dalam dakwaan JPU, pada Rabu tanggal 7 November 2018, polisi mendapat informasi bahwa adanya sabu datang dari Malaysia melalui perairan Kabupaten Batubara. Atas informasi itu, polisi menangkap Masdar di dalam rumahnya, Dusun I Desa Perupuk Kecamatan Limapuluh.

"Polisi melakukan penggeledahan dan menemukan 24 bungkus plastik berisi sabu seberat 24.000 gram," kata JPU.

Setelah ditangkap, Masdar mengaku bahwa sabu itu milik Abdul Rahman selaku mertuanya sendiri.

Tak lama, polisi berhasil menangkap Abdul Rahman yang sedang berada di Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan. Kepada polisi, Abdul Rahman mengatakan bahwa sabu tersebut milik bosnya bernama Atak yang berada di Malaysia.

"Abdul mengaku bahwa dirinya orang yang menerima sabu di daerah Batubara. Abdul mengakui dia yang menyuruh menantunya, Masdar untuk menjaga sabu sebanyak 24 paket seberat 24.000 gram," ujar Rosinta.

Selanjutnya, Abdul dan Masdar berikut barang bukti dibawa ke Medan. Setiba di dekat Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA), Abdul menghubungi bosnya dan mengatakan telah menunggu di parkiran Rumah Makan Sederhana dengan menaiki Toyota Avanza warna silver BK 198 CF.

Lalu, Atak mengatakan agar mobil tidak dikunci dan nanti akan ada yang menjemput sabunya. "Namun, hingga jam 17.00 wib, tidak ada yang datang menjemput sabu tersebut. Atas hal itu, polisi memutuskan untuk menghentikan penyelidikan dan dilanjutkan pada Kamis tanggal 8 November 2018," cetus JPU.

Sekira jam 13.00 wib, Abdul kembali menghubungi Atak dan disepakati sabu akan diambil oleh orang suruhannya di Komplek Perumahan TPI Ring Road Pasar 2 Kecamatan Medan Sunggal. Abdul disuruh Atak untuk meletakkan sabu tersebut di dalam mobil Avanza BK 198 CF warna putih dengan meletakkan kunci yang diparkirkan dipinggir jalan itu.

"Sekira jam 17.00 wib, Teuku Turhamun alias Nyak datang mendekati dan masuk ke dalam mobil Avanza tersebut. Tanpa basa basi, polisi langsung menangkap Teuku. Polisi juga menangkap Fadhli alias Fatli yang sedang berjalan di pinggir jalan," ucap Rosinta.

Selanjutnya, keempat terdakwa berikut barang bukti dibawa ke Poldasu guna pemeriksaan lebih lanjut. Di hadapan polisi, terdakwa Abdul mengakui memperoleh sabu sebanyak 24.000 gram tersebut sekitar pertengahan Oktober 2018.

"Saat itu, Atak mengajak Abdul bawa sabu dengan upah per bungkus Rp20.000.000. Jika sabu 24 kilogram berhasil dibawa, maka Abdul Rahman akan mendapat upah Rp480 juta," tutur JPU. (eza)

Mungkin Anda juga menyukai