Polres Nias Laksanakan Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam

Gunungsitoli (medanbicara.com) -Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Hukum Polres  Nias, yang meliputi 3 Kabupaten dan 1 Kota maka Polres Nias melaksanakan apel siaga serta simulasi  tata cara penanggulangan jika  suatu waktu terjadi bencana alam.

Pada pelaksanaan apel tersebut Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.Ik,MH bertindak sebagai pimpinan apel, dalam sambutannya menyampaikan bahwa 
kegiatan seperti ini dilakukan untuk memastikan kesiap siagaan personil dan peralatan yang akan di pergunakan, sehingga jika suatu waktu terjadi Bencana alam  seluruh unsur baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD, serta Instansi terkait memahami tugas yang dilakukan karena sangat dibutuhkan proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman," ujar orang nomor satu di Polres Nias.

Perwira dua melati emas dipundaknya ini nenambahkan, bahwa daerah Kepulauan Nias yang geogragfisnya di kelilingi oleh Lautan samudera Hindia dan kontruksi tanah yang berbukit sangat rawan bencana maka setiap individu harus mengetahui  langkah-langkah yang dilakukan jika terjadi bencana.

Dengan begitu, mantan Kasi STNK Polda Sumut ini mengingatkan bahwa  kegiatan yang dilakukan pada hari ini jangan terhenti sampai diri kita sendiri. "Tetapi harus kita sebarluaskan kepada seluruh masyarakat," sebutnya mengakhiri. 

Pelaskanaan apel siaga dan simulasi bencana dalam rangka penanggulangan bencana alam di ikuti oleh, personil Kodim 0213/Nias, gabungan staf Polres Nias, BPBD, Kab/Kota, Dinas Perhubungan Kab/Kota, Gabungan Sat Pol PP, Damkar Kota Gunungsitoli, Basarnas Nias
Turut hadir Pada pelaksanaan kegiatan apel tersebut antara lain: Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, M.M, Kasdim 0213/Nias Mayor Inf. U. Saragih, Danposal Gunungsitoli Kapten laut (P) M. Yusuf , Dansub Denpom 1/2 - 5 Nias Kapten CPM Wigusiswoyo, Kepala BPBD Kab. Nias Elizaro Waruwu, Kepala BPBD Kab. Nias Barat Filifo Daeli, Kepala BPBD Kota Gunungsitoli Faoziduhu Telaumbanua, Kepala BPBD Kab. Nias Utara Herman Zebua, Basarnas Nias, Scuer Basarnas Kep. Nias Antonius Salam Telaumbanua dan personil Basarnas Kepulauan Nias.

Setelah selesai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan pemeriksaan peralatan yang di pergunakan pada saat terjadi Bencana, dan di dilanjutkan dengan Simulasi penggunaan peralatan oleh Basarnas Nias. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai