Final Euro Italia vs Inggris Dinihari Nanti, Awas Rintangan Besar…

Twitter

LONDON (medanbicara.com)- Turnamen sepak bola paling akbar di Eropa, Euro 2020, akan memasuki babak final. Laga Italia vs Inggris akan tersaji di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin dinihari (12/7/2021), mulai 02:00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara live oleh RCTI, iNews, dan Mola TV.

Timnas Italia membidik gelar keduanya di Piala Eropa. Mereka pernah menjuarai edisi 1968, serta dua kali menjadi runner-up pada edisi 2000 dan 2012. Inggris tengah mengejar gelar perdana mereka, setelah dalam dua kesempatan sebelumnya selalu kandas di semifinal.

Italia terus tampil mencorong di bawah Roberto Mancini, yang menggantikan Giampiero Ventura setelah mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka tak terkalahkan dalam 33 pertandingan sejak dikalahkan Portugal di UEFA Nations League pada September 2018.

Italia memenangi semua pertandingan (10) di babak kualifikasi Euro 2020. Mereka mencetak 37 gol dan hanya kebobolan empat gol. Kekuatan pertahanan yang jadi ciri khas Azzurri kini sudah dilengkapi permainan menyerang dan lini depan yang sangat tajam.

Di Euro 2020, mereka menyapu bersih semua tiga laga fase grup, kemudian mendepak Belgia, Austria, dan Spanyol.

Di kubu Timnas Inggris, Gareth Southgate menjawab kritik dan keraguan banyak pihak di putaran final Euro 2020. Ia membawa Three Lions tak kebobolan dengan tujuh poin dari tiga laga di fase grup. Lalu menyingkirkan Jerman, Ukraina, dan Denmark di fase gugur. Mereka meraih final pertamanya di Piala Eropa.

Kedua tim peranh bertemu 27 kali. Italia menang 10 kali, sedangkan Inggris menang 18 kali. Dalam prosesnya Italia mencetak 31 gol, sedangkan Inggris menceploskan 33 gol.

Pertemuan terakhir Italia dan Inggris dalam turnamen besar tersaji di fase grup Piala Dunia 2014. Kala itu Italia menang 2-1. Mereka unggul lewat gol Claudio Marchisio dan Mario Balotelli. Sedangkan gol Inggris diceploskan Daniel Sturridge.

Mereka baru pernah dua kali bertemu di putaran final Euro, dan Gli Azzurri memenangi keduanya. Pada fase grup Euro 1980, Italia mengalahkan Inggris 1-0. Dalam Di perempat final Euro 2012, Italia menang adu penalti atas Inggris.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada Maret 2018 dalam laga uji coba. Saat itu kedua tim bermain imbang 1-1.

“Kami telah bekerja untuk ini selama bertahun-tahun jadi kami sangat senang dan saya hanya bisa berterima kasih kepada para pemain atas apa yang telah mereka lakukan sejauh ini, ” kata Roberto Mancini, Pelatih Italia.

“Kami belum memenangi apapun. Kami harus menang pada hari Minggu agar semua ini dianggap sebagai kesuksesan,” katanya.

“Inggris didukung suporter mereka di seluruh stadion. Tapi, kami akan menempatkan mereka di bawah tekanan,” sambung Mancini

“Final sedikit berbeda dari pertandingan lain, kami harus bermain dengan fokus tetapi juga dengan suka cita karena Anda hanya bisa memenanginya jika bermain untuk bersenang-senang,” katanya.

“Kami harus menikmati fakta bahwa kami berada di final, tetapi ada satu lagi rintangan besar yang harus ditaklukkan,” sambung Gareth Southgate, Pelatih Inggris.

“Italia adalah tim yang sangat bagus, saya pikir itu sudah terlihat beberapa tahun terakhir. Mereka memiliki performa luar biasa dan memiliki pejuang defensif yang telah melalui segalanya,” katanya.

“Ini akan menjadi pertandingan yang hebat untuk dinanti-nantikan,” tutup Gareth Southgate.

Sekadar diketahui, Italia belum terkalahkan di Euro 2020, sejak babak kualifikasi. Mereka meraih 15 kemenangan dari 16 laga (menang 15 kari, seri sekali). Mereka mencetak 49 gol dan cuma kebobolan 7 gol. Mereka juga tak terkalahkan dalam 33 laga terakhirnya (menang 27 kali, seri 6 kali).

Azzurri juga mencetak total 37 gol dalam 14 laga terakhirnya. Mereka mencatatkan 11 clean sheet dan cuma kebobolan total 3 gol dalam 14 laga tersebut.

Inggris berhasil menang 10 kali dan cuma kalah 1 kali dalam 17 laga terakhirnya di putaran final Euro (menang 10, seri 6).

The Three Lions menang 20 kali dan cuma kalah 2 kali dalam 27 laga terakhirnya di Wembley (menang 20 kali, seri 5 kali, kalah 2 kali). Mereka belum pernah kalah di Wembley di putaran final turnamen besar (menang 11 kali, seri 4 kali).

Tapi, Italia kehilangan Leonardo Spinazzola yang mengalami cedera Achilles. Ia kemungkinan akan digantikan oleh Emerson Palmieri.

Di kubu Inggris tak ada masalah cedera pemain. Selain Dean Henderson yang dipulangkan, Gareth Southgate memiliki skuad sepenuhnya fit. Tapi, Sang Pelatih akan memiliki banyak dilema dalam pemilihan pemain mengingat tampilan apik para pemainnya dalam laga-laga sebelumnya. (tmp)

Perkiraan Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Emerson Palmieri, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Giovanni Di Lorenzo; Jorginho, Marco Verratti, Nicolo Barella; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile.

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, Harry Maguire, John Stones, Luke Shaw; Declan Rice, Kalvin Phillips; Bukayo Saka, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane.

Mungkin Anda juga menyukai