Plt Bupati Langkat Syah Afandin: Peringatan Sumpah Pemuda Cover Ancaman Kesatuan Bangsa

LANGKAT (medanbicara.com)-Peringatan Hari Sumpah Pemuda memiliki arti penting dalam mengcover ancaman–ancaman terhadap kesatuan Republik Indonesia, yang selalu ada bersamaan dengan cita–cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, H Syah Afandin SH saat menjadi pembina upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertemakan “Bersatu Bangun Bangsa”, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Jumat (28/10/2022).

Tema tersebut memberikan pesan mendalam, bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Tema ini menjadi pengejawantahan (perwujudan) nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” ucap Syah Afandin.

Syah Afandin berharap, melalui peringatan sumpah pemuda ini menjadikan tekad bersama untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita – cita pada saat ini dan sepanjang masa, serta semangat untuk selalu bersungguh – sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

“Pemuda hari ini adalah tokoh – tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” imbuh Plt Bupati Langkat.

Lanjutnya, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai – nilai persatuan di atas segala – galanya, memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan indonesia.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian, dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia.

Usai upacara peringatan hari sumpah pemuda Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH Sekdakab Langkat, H Amril, SSos, MSP, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, SIK, anggota DPRD Langkat Pardianto, SE, Ketua Al Washliyah Drs. Syahrizal, MZ dan Ketua PN. Stabat Ledis Meriana Br Bakara,SH, MH secara bersama melakukan parade baca puisi berjudul ‘Bersatu, Bangkit dan Tumbuh’ karya (saduran) Jarik Syakoebat.

Pembacaan Puisi secara spontan dan penuh penghayatan itu mendapat aplaus serta acungan jempol dari peserta upacara dan undangan.(jok)

Mungkin Anda juga menyukai